10 Lokasi Wisata Rafting Terbaik Di Indonesia

‘Arung Jeram’ atau bahasa kekiniannya Rafting, merupakan sebuah aktifitas yang memadukan faktor petualangan adventures, edukasi, olah raga dan rekreasi dengan mengarungi alur sungai yang ber “jeram” memakai media perahu karet, kayak, dayung, dan kano.

Banyak penyedia layanan liburan yang menyediakan paket arung jeram sehingga pengunjung tinggal duduk dan merasakan liukan arus sungai. Ada pula pengunjung yang datang dan merasakan arus-arus sungai tanpa meniru paket liburan. Terlepas dari itu, sebaiknya para traveller mengenali kesusahan tiap sungai. Apalagi, di Indonesia mempunyai banyak sungai dengan tahapan kesusahan arung jeram yang berbeda-beda.

banner travel jagain

Berikut Ini 10 Lokasi Wisata Rafting Terbaik Di Indonesia

Jikalau Anda mengaku pecinta Arung Jeram / Rafting, betapa lebih baiknya Anda mengenali 10 Lokasi Wisata Rafting Terbaik Di Indonesia. Sesuai untuk anda kunjungikah? Atau telah layak dengan tingkat keberanian adrenalin anda. Berikut lokasi arung jeram Indonesia yang mesti anda simak.

1. Sungai Citarik, Sukabumi, Jawa Barat

Sesudah sebagian sungai di Pulau Sumatera, sekarang deretan lokasi arung jeram Indonesia berikutnya dari Pulau Jawa yakni Sungai Citarik. Sungai ini berada di Taman Nasional Gunung Halimun. Arung jeram di Sungai Citarik semacam itu familiar, hingga-hingga menjadi destinasi unggulan bagi wisatawan yang mencari arung jeram di wilayah Pulau Jawa.

rafting sungai citarik jagain
Source Image : Triptrus.com

Tingkat kesusahan sesuai untuk pemula sampai profesional. Rute terpendek dapat dicapai dengan pengarungan selama cuma satu jam. Sungai di Jawa Barat ini berada pada grade 3-4.

2. Sungai Serayu, Banjarnegara, Jawa Tengah

Jeram sungai Serayu berlokasi di Kec Sigaluh, Kab Banjarnegara. Jeram di sungai Serayu ini cukup mengasah adrenalin, cuma saja masih belum semacam itu populer di kalangan pecinta rafting. Sungai Serayu ini berada di Wonosobo. Lokasi mengawali arung jeram dapat diawali dari jembatan di Desa Belimbing, Desa Tunggoro di Kabupaten Wonosobo, dan Desa Prigi di Kabupaten Banjarnegara.

rafting sungai serayu jagain com
Source Image : Tribunnews.com

Tingkat kesusahan mulai dari grade 2 sampai 4. Bermuara di Cilacap dengan jarak tempuh 18 km. Di dalam perjalanan kecuali disuguhi panorama yang menakjubkan, terdapat hamparan persawahan, dan sungai yang masih bersih.

3. Sungai Progo, Magelang, Jawa Tengah

Jeram Sungai Progo berlokasi di Magelang. Untuk tingkat kesusahannya Jeram ini sedikit lebih gampang. Sungai Progo mempunyai jarak 12 km dengan grade 2 – 3 yang sesuai bagi pemula.

rafting sungai progo jagain -
Source Image : usemayjourney.wordpress.com

Rafting akan memakan waktu antara 2,5 hingga 3 jam perjalanan. Jeram-jeram di sekitar kelokan dan bawaan Sungai Progo menjadikan sensasi dan adrenalin yang cukup liar. Panorama Gunung Merbabu dan Merapi menghiasi panorama di sekeliling Sungai Progo.

4. Green Canyon, Pangandaran

‘Green Canyon’ adalah objek tamasya sekalian body rafting di Pangandaran, Jawa Barat. Berbeda dengan rafting pada umunya, pengunjung dituntut untuk melaksanakan body rafting di atas batu karang mengaplikasikan sweater pelampung untuk kembali ke perahu.

rafting green canyon jagain
Source Image : archivoegarnica.blogspot.com

Di samping air warna hijau khas Green canyon, Anda juga bisa merasakan hingga memanjat tebing di sekelilingnya dan melompat dari ransel batu yang tinggi. Seakan jantung tertinggal di atas!

5. Sungai Alas, Aceh

Lokasi Arung Jeram Sungai Alas yang membelah Taman Nasional Gunung Leuser ini berlokasi di Provinsi Aceh. Sungai ini mempunyai grade 3-4. Kecuali mempunyai jeram yang cukup menantang disini juga terdapat belokan tajam yang menantang adrenalin. Anda juga akan disuguhi oleh panorama alam yang semacam itu cantik, malah adakalanya kita bisa menjumpai satwa liar yang sedang minum di tepi sungai.

rafting sungai alas aceh jagain
Source Image : pedomanwisata.com

Mengarungi sungai ini dapat diawali dari Muarasitulan di Kutacane hingga ke Gelombang. Selama pengarungan, hutan dan desa penduduk setempat yang masih tradisional akan menyambut Anda. Jikalau Anda telah berpengalaman, bisa memilih rute lebih jauh, mulai dari Angusan di dekat Blangkejeran.

6. Sungai Asahan, Sumatera Utara

rafting sungai asahan sumatera utara jagain
Source Image : pedomanwisata.com

Sungai yang Berlokasi di Provinsi Sumatera Utara ini mempunyai grade 4-5. Hal ini membikin sungai ini kerap menjadi daerah penyelenggaraan event arung jeram tingkat nasional ataupun internasional. Malahan, disebut-ucap sungai Asahan sebagai daerah berarung jeram terbaik ketiga di dunia sesudah Sungai Zambesi di Afrika dan Sungai Colorado di Amerika Serikat.

7. Sungai Batang Tarusan, Sumatera Barat

rafting sungai batang tarusan jagain
Source Image : Airport.id

Sungai yang berlokasi di Sumatera Barat ini dapat Anda arungi mulai dari Desa Taratak yang dapat dicapai kurang lebih 20 menit dari jalan lintas Padang-Painan. Sungai ini mempunyai grade 2-3 pada musim kemarau dan debit air yang stabil, tetapi pada musim penghujan sungai ini mempunyai Grade 4-5. Waktu tempuh pengarungan 2 hingga 3 jam dengan karakter sungai di hulu yang sempit dan arus kencang. Serta mempunyai jeram-jeram besar sampai bisa membikin perahu terbalik.

8. Sungai Ayung, Ubud, Bali

Tamasya arung jeram Sungai Ayung ada di Desa Payangan, Ubud. Sungai Ayung telah cukup lama diketahui sebagai lokasi arung jeram menarik dan tenar di Bali.

rafting sungai ayung ubud jagain
Source Image : water-sport-bali.com

Sungai Ayung yaitu sungai terpanjang di Pulau Bali yang memiliki panjang trek arung jeram hingga 12 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Uniknya, Anda dapat berfoto foto-foto dengan background ukiran pada batu batu di pinggir sungai dengan panjang sampai ratusan meter.

9. Sungai Nimanga, Sulawesi Utara

Arung Jeram Indonesia ini berada di Pulau Sulawesi tepatnya di Provinsi Sulawesi Utara. Mencari arung jeram di Sulawesi Utara, karenanya Sungai Nimanga di Desa Timbukar, Kabupaten Minahasa menjadi unggulan. Di sini terdapat dua air terjun yang ketinggiannya masing-masing 70 meter dan 90 meter.

rafting sungai nimanga sulut jagain
Source Image : Traveloka.com

Rute pengarungan dicapai selama 5 hingga 6 jam. Keunikan pengarungan ialah Anda dapat memandang satwa langka seperti Tarsius dan aneka variasi burung. Untuk menempuh lokasi ini bisa dicapai selama 3 jam trek darat dari Manado. Sungai ini mempunyai grade 5. Tidak heran, ada jeram setinggi 4 meter di Sungai Nimanga! Tentu diperlukan nyali dan kekompakan yang kuat untuk melaluinya.

10. Sungai Sa’dan, Sulawesi Selatan

rafting sungai sadan sulsel
Source Image : pedomanwisata.com

Masih di pulau yang sama, lokasi arung jeram indonesia berikutnya berada di Sungai Sa’dan berlokasi di Tana Toraja dan mempunyai panjang 182 kilometer. Tingkat kesusahan sungai ini berada di grade 3 hingga 4. Anda perlu dua hari untuk mengarungi segala sungai ini. Tapi hening saja, Anda bisa menginap di tengah perjalanan di rumah pentas yang disebut dengan Lantang. Lantang terdapat di pinggir-pinggir sungai.

, , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *