3 Jenis Asuransi yang Wajib Dimiliki Sebelum Bencana Alam Datang!

Bumi merupakan satu-satunya planet yang dapat dihuni oleh manusia, meskipun saat ini banyak peneliti mengatakan bahwa planet seperti Mars juga dapat dihuni namun penelitian tersebut belum dapat meyakinan semua pihak bahwa manusia benar-benar dapat hidup disana. Salah satu unsur penyusun Bumi sendiri adalah tanah, air serta udara dan ketiga hal tersebut apabila tidak dijaga memberikan dampak negatif terhadap manusia yang tinggal di Bumi.

Dampak tersebut lebih sering dikenal dengan istilah bencana alam, bencana alam merupakan salah satu pergerakan unsur Bumi seperti ketika terjadi pergerakan lempengan dasar Bumi maka akan terjadi gempa bumi, tsunami atau longsor. Indonesia merupakan salah satu negara yang dinilai paling rawan mengalami bencana alam setelah negara Jepang,
namun faktanya negara Jepang dan Indonesia memiliki perbedaan atas perlakuan terhadap bencana alam yang sangat berbeda.

Perbedaan yang paling terlihat adalah penanganan atas bencana alam. Indonesia sebagai salah satu negara yang berada di benua Asia dan salah satu negara yang terletak pada kawasan cincin api atau kawasan rawan bencana, nyatanya belum dapat meminimalisir dampak dari bencana alam yang dapat sewaktu-waktu terjadi. Sangat berbeda dengan negara Jepang maupun Thailand yang memiliki sistem tanggap bencana alam yang sangat baik, bahkan Jepang memiliki sistem penanganan pasca bencana alam terbaik di seluruh dunia. Salah satu cara yang dimiliki Jepang untuk menangani dampak pasca bencana alam adalah dengan menggunakan jasa dan fasilitas asuransi. (source : CNN Indonesia)

Dengan kesadaran berasuransi tentu dapat memastikan bahwa setiap individu tidak akan kehilangan rumah, sakit dan kehilangan harta bendanyan. Lalu sebenarnya 3 jenis Asuransi apa saja yang wajib di miliki bagi sobat jagger yang tinggal di kawasan rawan bencana? Berikut penjelasannya!

Asuransi Rumah

Asuransi rumah atau yang sering dikenal sebagai asuransi properti menjadi sangat penting untuk dimiliki sebab asuransi rumah akan memberikan pertanggungan atas resiko yang mungkin dapat terjadi seperti kerusakan rumah total atau sebagian yang ditimbulkan dari bencana alam. Oleh karena itu ketika bencana alam sudah terjadi maka pihak perusahaan asuransi swasta maupun dari pihak pemerintah akan segera melakukan perombakan hunian secara besar-besaran dan dalam waktu yang sangat cepat agar warga dapat segera kembali pulang dan menempati huniannya kembali. Jika sobat tidak memiliki asuransi rumah dapat dibayangkan kerusakan hunian Anda yang harus diperbaiki dan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk memperbaikinya?

Tentu tidak sedikit bukan, oleh karena itu asuransi rumah adalah jawaban yang sangat tepat untuk mempersiapkan proteksi sebelum semuanya terjadi.

 

Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan juga wajib dimiliki oleh sobat jagger yang tinggal di daerah rawan bencana alam. Ketika bencana alam seperti banjir, gempa bumi atau puting beliung terjadi maka tindakan pemerintah yang paling cepat adalah memindahkan sobat ke tempat yang lebih aman atau lebih dikenal dengan mengungsi. Bencana alam sendiri pasti menyebabkan banyak orang yang akan terluka serta sakit akibat virus atau kuman yang menyebar lebih cepat oleh karena itu asuransi kesehatan mutlak dibutuhkan.

Dengan asuransi kesehatan maka Anda akan mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak serta tepat, sobat jagger juga dapat pergi ke pusat-pusat pelayanan kesehatan tanpa harus khawatir dengan biaya yang harus dikeluarkan.

Asuransi Kendaraan

selain dari proteksi rumah dan kesehatan kalian, tentu untuk memproteksi kendaraan dari segala kemungkinan, terlebih banjir, yang mengakibatkan kerusakan mesin, kecelakaan yang semakin meningkat, tentu adanya proteksi memberikan rasa aman saat berkendara dengan cakupan perluasan yang bisa kalian sesuaikan dengan kebutuhan, dengan di bantu proses klaim hingga tuntas tentu akan mempermudah ketika sesuatu hal terjadi di jalanan.

Memiliki asuransi rumah dan asuransi kesehatan merupakan hal penting ketika sobat tinggal di daerah rawan bencana alam seperti Indonesia. Selain dapat memastikan perlindungan terhadap diri dan aset yang dimiliki, asuransi juga meringankan beban sahabat Asura pada saat bencana alam terjadi.

 

semoga ulasan di atas dapat bermanfaat ya sob!

, , , ,

About Jagabot

Broker asuransi online di Indonesia yang memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia dalam memilih Asuransi.
View all posts by Jagabot →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *