3 Manfaat Asuransi Kesehatan & Cara Memilihnya

Manfaat asuransi kesehatan di era modern seperti saat ini semuanya menjadi serba mahal. Ini terjadi karena di dalam dunia kesehatan sendiri, semuanya juga semakin mahal.Biaya pengobatan, perawatan, dan biaya lainnya.

Sementara, kita sebagai manusia sangat rentan terhadap penyakit. Banyak hal yang dapat mempengaruhi dan memperburuk kesehatan kita, mulai dari lingkungan tempat kita hidup, makanan dan minuman yang dikonsumsi, dan udara yang kita hirup setiap hari serta gaya hidup. Akan sangat bijak jika kita mencintai diri dengan proteksi melalui asuransi kesehatan.

“Mencegah lebih baik daripada mengobati” menjadi slogan kesehatan yang paling populer dari dulu hingga sekarang. Slogan ini ada benarnya mengingat kesehatan sangat mahal harganya, bahkan tidak bisa digantikan dengan harta kekayaan sebanyak apa pun. Saking pentingnya, bentuk perlindungan berupa asuransi kesehatan kian banyak diminati banyak orang.

Asuransi kesehatan ini sendiri memberikan sejumlah benefit bagi para peserta asuransi. Apa saja benefit yang bisa dirasakan dengan memiliki asuransi kesehatan? Berikut ini ulasannya :

  1. Pemberian Fasilitas Kamar untuk Rawat Inap

Pasien yang menderita penyakit “berat” berhak mendapatkan rawat inap di rumah sakit mitra perusahaan asuransi untuk mendapatkan perawatan yang lebih intens dari pihak medis. Fasilitas selama rawat inap, seperti obat-obatan, infus, makanan, dan cek laboratorium akan diberikan kepada pasien yang terdaftar namanya sebagai nasabah asuransi kesehatan. Biaya pengobatan selama rawat inap akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Sedangkan biaya lain yang terjadi usai rawat inap akan ditanggung sepenuhnya oleh keluarga pasien.  Misalnya, biaya cek laboratorium lanjutan dan biaya membeli obat-obatan

  1. Cover Biaya Rawat Inap.

Pihak asuransi juga memfasilitasi nasabah dengan layanan rawat jalan, dimana pasien diperkenankan untuk dirawat di rumah selama proses penyembuhan. Biaya-biaya yang terjadi,

seperti biaya pemanggilan dokter, biaya konsultasi, biaya cek laboratorium, dan biaya obat-obatan akan sepenuhnya ditanggung oleh pihak asuransi.

Untuk menikmati manfaat rawat jalan, nasabah harus membayar premi yang lebih tinggi karena memang jenis pertanggungan yang diterima lebih besar dan lebih menyeluruh kalau dibandingkan manfaat rawat inap.

  1. Manfaat Nilai Tunai

Melalui manfaat yang satu ini, perusahaan asuransi akan membayarkan sejumlah dana jika Anda sakit dan harus mendapatkan rawat inap di rumah sakit. Uang ini didedikasikan untuk mengganti biaya transport atau pendapatan kita yang hilang selama kita dirawat di rumah sakit.

Membayar premi asuransi kesehatan adalah langkah preventif dan baik yang dapat Anda lakukan di saat sehat. Bayarlah premi asuransi sejak jauh-jauh hari, sedikit demi sedikit, agar tidak memberatkan dan menjadi beban untuk Anda.

Manfaat asuransi kesehatan akan sangat terasa apabila suatu saat Anda mengalami gangguan kesehatan yang pengobatannya memerlukan biaya besar. Saat itulah Anda akan merasakan bahwa nilai pertanggungan yang akan kita terima dari perusahaan asuransi jauh lebih besar bila dibandingkan dengan nilai premi yang sudah dibayarkan.

Cara Memilih Asuransi Kesehatan

Sesudah anda mengetahui berbagai kegunaan dari asuransi kesehatan dan berniat untuk mulai menjadi peserta dari asuransi, maka ada baiknya anda juga mengetahui bagaimana cara memilih asuransi kesehatan yang paling bagus dan terpercaya, sekaligus memberikan penawaran terbaik. Berikut ini adalah beberapa panduan untuk memilih asuransi kesehatan yang paling tepat.

Track record perusahaan asuransi

Pastikan pihak asuransi sudah memiliki track record yang menjadi salah satu pertanda jika pihak asuransi tersebut bisa dipercaya dan juga mempunyai pelayanan serta fasilitas terbaik. Track record ini bisa anda telusuri lewat kantor cabang ataupun internet.

Membandingkan nilai premi

Anda juga harus teliti untuk melihat mana nilai premi yang sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan finansial anda. Akan lebih baik jika memilih nilai premi yang lebih tinggi sebab akan memberikan jaminan serta manfaat yang cukup banyak.

Mempelajari pelayanan asuransi

Pelajari juga pelayanan apa yang diberikan pihak asuransi dan perhatikan keuntungan yang bisa anda dapatkan. Selain itu, baca kembali tentang pasal yang tercantum, sebab ada beberapa asuransi yang memberikan pasal dengan makna kurang jelas.

Memilih peserta kolektif

Asuransi kesehatan terdiri dari asuransi individu dan asuransi kolektif. Lebih baik, anda memilih asuransi kolektif sebab biaya premi akan jauh lebih murah.

Jangan melihat nilai premi

Banyak orang yang memilih asuransi dengan melihat nilai premi yang tinggi sebab beranggapan jika nilai premi tinggi akan memberikan fasilitas terlengkap. Namun ini belum tentu benar dan sebaiknya perhatikan kembali nilai ekonomis yang anda dapatkan dengan tujuan agar asuransi kesehatan bisa berguna saat anda memerlukan biaya kesehatan atau pengobatan dan perawatan.

Demikian penjelasan lengkap dari kami tentang manfaat asuransi kesehatan untuk anda. Dengan ini kami harapkan anda untuk lebih mempertimbangkan dalam bergabung dengan asuransi kesehatan sehingga anda bisa lebih tenang dan nyaman jika suatu saat harus menjalani pengobatan atau perawatan karena sesuatu penyakit. Namun, pastikan untuk memilih asuransi kesehatan terbaik dan sesuai dengan kebutuhan anda dengan cara meneliti kembali kelebihan apa yang ditawarkan pihak asuransi tersebut.

,

About Jagabot

Broker asuransi online di Indonesia yang memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia dalam memilih Asuransi.
View all posts by Jagabot →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *