3 Pertimbangan Membeli Polis Asuransi Mobil All Risk Mobil Bekas

Banyak yang lebih memilih mobil bekas dikarenakan harganya jauh lebih terjangkau. Untuk membeli mobil bekas ini diperlukan kecermatan dibandingkan dengan mobil baru. Selain harganya yang murah, alasan orang memilih mobil bekas dikarenakan mesinnya lebih bandel dibandingkan dengan mobil keluaran terbaru. Saat ini masih ada mobil bekas dengan performa yang bagus, selain itu didukung dengan body yang masih mulus. Untuk mobil bekas ini ada dua macam jenis asuransi yang bisa dipilih, yaitu all risk dan juga TLO. Meski begitu nilai minusnya adalah biaya yang dikeluarkan lebih besar dibandingkan dengan mobil baru. Untuk Anda yang akan melindungi mobil bekas dengan asuransi all risk ada beberapa pertimbangan yang harus dipertimbangkan yaitu berikut ini:

Harga dan Umur Mobil

Hal pertama yang harus Anda perhatikan ketika akan mengambil asuransi mobil all risk mobil bekas adalah harga dan juga umur mobilnya. Semakin tua umur mobil bekas tersebut maka harga preminya semakin murah. Meski begitu kondisi baru dan bekas sebuah mobil ini tidak dijadikan sebagai bahan pertimbangan penetapan premi.

Polis Tidak Bisa Diganti Nama

Yang harus diperhatikan selanjutnya adalah polis asuransi tersebut tidak bisa diganti nama dan tidak bisa dipindah tangankan. Oleh sebab itu ketika Anda sudah memiliki polis all risk mobil bekas dan Anda ingin menjualnya sebaiknya segera lapor ke pihak asuransi karena tidak bisa diganti nama. Hal itu dikarenakan untuk produk di beberapa asuransi Anda akan terkena pembatalan polis dan pengembalian premi terutama jika Anda belum pernah melakukan pengajuan klaim.

Faktor Lainnya

Selain dua hal yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya ada beberapa faktor lain yang harus diperhatikan. Faktor tersebut adalah over dan juga under insured yang mana artinya Anda bisa mengajukan nilai pertanggungan di atas dari harga pasar sehingga nilai pertanggungan yang didapatkan lebih besar atau over insured. Meski begitu Anda juga harus memperhatikan sisi under insured yaitu membayar premi lebih murah namun nilai pertanggungannya lebih kecil.

Sebenarnya asuransi mobil all risk ini khusus untuk mobil baru dengan umur di bawah 10 tahun. Namun untuk mobil bekas pun Anda bisa membeli polis asuransi all risk. Beberapa pertimbangan dalam membeli asuransi mobil all risk mobil bekas yang telah disebutkan di atas sangat penting untuk diperhatikan supaya tidak menimbulkan masalah ke depannya.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya : 

 

About Jagabot

Broker asuransi online di Indonesia yang memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia dalam memilih Asuransi.
View all posts by Jagabot →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *