5 Rekomendasi Shelter Bagi yang Mau Adopsi Hewan Peliharaan

Di Indonesia ada kenaikan kucing dan anjing liar. Menurut Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan (DKPKP) jumlah kucing di Jakarta pada tahun 2018 mencapai 29.504 ekor. Pemprov DKI Jakarta bahkan sempat merazia kucing-kucing jalanan untuk dikebiri. Kumparan.com memperkirakan bila populasi kucing tidak dikontrol akan mencapai lebih dari 2,8 juta.

Sementara itu di Bali anjing jalanan adalah pemandangan yang umum ditemui. Data dari Bidang Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan pada Dinas Kesehatan Provinsi Bali memperkirakan terdapat sekitar 500.000 ekor anjing di Bali pada tahun 2018. Sementara menurut data Badan Pusat Statistik tahun 2019 jumlah penduduk Bali adalah sekitar 4,2 juta. Angka ini menjadikan Bali sebagai wilayah dengan rasio manusia terhadap anjing tertinggi di Indonesia, yaitu 8,2. Populasi yang besar ini tentunya bisa mengancam nyawa mereka, banyak anjing yang dibuang di pasar, tempat pembuangan sampah dan semak-semak.

Baca juga:

Cara Mengajarkan Anak Merawat Hewan Peliharaan

Biasanya kucing dan anjing terlantar dipungut oleh shelter hewan untuk dipelihara sementara. Kita bisa membantu dengan donasi uang atau alat-alat kebutuhan hewan. Tapi selain itu, kita bisa menyelamatkan kucing dan anjing terlantar ini dengan mengadopsi daripada membeli. Selama kita merawat dengan baik dan telaten, maka hewan yang diadopsi pun akan secantik hewan yang dibeli dari pet shop. Berikut daftar shelter perlindungan anjing dan kucing yang dapat kita adopsi:

  1. Jakarta Animal Aid Network (JAAN)
    Website: www.jakartaanimalaid.com
    Facebook: Jakarta Animal Aid Network
    Instagram: @Jaan_Indonesia
  1. Pejaten Shelter
    Facebook: Pejaten Shelter
    Instagram: @pejatenshelter
  1. Yayasan Wujud Cinta Satwa
    Instagram: @Ismawanty4911
  1. Rumah Kucing Parung
    Instagram: @RumahKucingParung
  1. Pusat Kesehatan Hewan Ragunan
    Alamat: Jl. Harsono RM No.36-28, RT.9/RW.4, Ragunan, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12550
asuransi hewan tanggung jawab hukum pihak ke 3 - blog jagain.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *