Alasan Kenapa Klaim Asuransi Kesehatan Kamu Ditolak Asuransi

Alasan Kenapa Klaim Asuransi Kesehatan Kamu Ditolak Asuransi, Info JAGAIN – Tujuan utama penerapan asuransi kesehatan yakni untuk menanggung risiko kalau suatu hari nanti Anda atau keluarga mengalami permasalahan kesehatan. Sayangnya, tak sedikit peserta yang mengeluh klaim asuransi kesehatan ditolak oleh perusahaan penyedia jasa asuransi dikala hendak mengajukan klaim untuk penggantian tarif pengobatannya. Sebetulnya, apa alasannya, ya?

Mengapa Klaim Asuransi Kesehatan Ditolak ?

Pentingnya memahami betul mengenai cara asuransi yang Anda ikuti, tak cuma berkhasiat untuk memudahkan ketika memakainya saja. Di sisi lain, progres pengajuan klaim nantinya juga dipastikan jadi lebih lancar tanpa hambatan.

Asuransi Kesehatan Terbaik

Ya, progres pengurusan klaim yang berbelit-belit mungkin tak sepenuhnya salah perusahaan asuransi. Kalau Anda kurang memahami persyaratan pengajuan klaim, karenanya perusahaan asuransi mempunyai hak untuk menolak menyetujui klaim yang Anda ajukan.

Alasan Kenapa Klaim Asuransi Kesehatan Kamu Ditolak Asuransi | Info JAGAIN

Karenanya itu, sebaiknya hindari sebagian hal berikut ini kalau tak mau klaim asuransi kesehatan ditolak:

Alasan Kenapa Klaim Asuransi Kesehatan Kamu Ditolak Asuransi

1. Klaim Tak Termasuk Dalam Polis Asuransi

Polis asuransi yang Anda terima dikala mendaftar asuransi berisi sejumlah hukum dan kesepakatan apa saja yang menjadi tanggungan pihak asuransi. Karenanya sebelum mengajukan klaim, pastikan secara khusus dulu bila keadaan kesehatan yang mau Anda klaim tertuang dalam polis asuransi hal yang demikian.

Ambil teladan, jika polis asuransi Anda tak bersedia menanggung penyakit turunan, karenanya seluruh keadaan yang berkaitan dengan penyakit hal yang demikian bukan yakni tanggung jawab dari pihak asuransi.

2. Pengajuan Klaim Lewat Batas Waktu

Alasan lain mengapa klaim asuransi kesehatan ditolak ialah sebab pengajuan klaim hal yang demikian sudah lewat batas waktu yang tertera dalam polis asuransi. Pihak asuransi kesehatan mana bahkan lazimnya sudah memutuskan batas waktu tertentu untuk pengurusan klaim.

Lazimnya antara 30-60 hari sesudah pengobatan, terhitung mulai dari tanggal permulaan kesepakatan Anda dengan pihak asuransi. Nah, seandainya pengajuan klaim yang Anda lakukan sudah melebihi ketetapan yang tercantum, karenanya pihak asuransi tak segan-segan untuk menolaknya.

3. Dokumen Klaim Tak Komplit

Pastikan Anda melengkapi segala prasyarat dokumen dikala mengajukan klaim, bila tak mau klaim asuransi kesehatan ditolak oleh pihak perusahaan.

Dokumen ini mencakup kuitansi pembayaran selama pengobatan; surat keterangan dari dokter yang umumnya berisi nama dokter, nama pasien, tanggal berobat, tipe penyakit, tipe obat, teknik pengobatan; surat pengantar dari dokter lazim jika Anda direferensikan untuk berobat ke dokter pakar; dan lainnya yang sudah tercantum dalam polis asuransi.

4. Tak Jujur Seputar Riwayat Penyakit

Sebelum Anda membeli polis asuransi kesehatan, Anda akan dipinta untuk jujur mengenai semua info yang berhubungan dengan riwayat penyakit yang Anda miliki. Hindari menyembunyikan penyakit tertentu cuma agar pihak asuransi bersedia untuk menanggung keadaan medis Anda nantinya.

Pasalnya, seandainya dikemudian hari Anda rupanya mempunyai penyakit yang sesungguhnya telah dialami sebelum membeli polis asuransi, tentunya klaim asuransi kesehatan Anda akan ditolak oleh perusahaan. Jadi, usahakan untuk senantiasa membeberkan dengan jujur seputar keadaan kesehatan Anda sebelum gunakan asuransi kesehatan.

5. Polis Asuransi Sedang Tak Aktif

Tiap-tiap perusahaan asuransi kesehatan punya rentang waktu pembayaran premi yang berbeda-beda. Itu sebabnya, dikala Anda terlambat membayar premi karenanya polis asuransi Anda akan dianggap tak aktif atau sedang ditangguhkan sampai Anda melunasi tunggakan preminya.

Anda bahkan akan kesusahan jika mau mengajukan klaim, sebab perusahaan pasti menolak pengajuan klaim hal yang demikian. Polis asuransi baru dapat aktif kembali seandainya Anda sudah melunasi pembayaran premi, atau cocok dengan kesepakatan dari pihak asuransi.

, , ,

About Jagabot

Broker asuransi online di Indonesia yang memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia dalam memilih Asuransi.
View all posts by Jagabot →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *