Apa Itu Kemoterapi? Ini Manfaat & Efek Sampingnya

‘Kemoterapi’ mendengar kata itu pasti langsung terbayang ke penyakit berat seperti Kanker, Tumor. ‘Kemoterapi’ adalah salah satu metode pengobatan dengan menggunakan zat kimia yang sangat kuat untuk membunuh sel-sel yang sangat cepat bertumbuh. Istilah ‘Kemoterapi’ agak sedikit merujuk secara eksklusif ke obat sitostatik untuk merawat kanker.

Obat-obatan kemoterapi bisa diterapkan sendiri atau dikombinasikan untuk mengobati kanker. Kemoterapi ialah sistem yang tepat sasaran untuk mengobati banyak ragam kanker tetapi mempunyai risiko efek samping. Sebagian efek samping ringan dan bisa disembuhkan, tetapi sebagian bisa menyebabkan komplikasi yang serius.

Manfaat Dari Pengobatan Kemoterapi

Kalau dokter menganjurkan Kemoterapi Untuk Mengobati Kanker yang diderita, penting untuk memahami tujuan perawatan dikala mengambil keputusan pengobatan dengan kemoterapi. Ada tiga tujuan utama kemoterapi sebgagai metode pengobatan kanker, di antaranya:

Arti kemoterapi sendiri ialah metode membunuh kanker yang bertujuan untuk menyembuhkan kanker dan tak kembali atau kumat. Umumnya dokter tak menerapkan kata “obat” selain sebagai kemungkinan. Saat memberikan metode pengobatan yang mempunyai kemungkinan bisa menyembuhkan kanker seseorang, dokter bisa menggambarkannya sebagai pengobatan dengan maksud sebagai penyembuhan.

Kemoterapi tak ada jaminan pasti untuk menyembuhkan kanker, sebab pengobatann ini tak senantiasa sukses. Umumnya perlu waktu bertahun-tahun untuk mengenal apakah kanker seseorang benar-benar sembuh.

1. Menyembuhkan Penyakit Kanker

Arti kemoterapi sendiri yakni metode membunuh kanker yang bertujuan untuk menyembuhkan kanker dan tak kembali atau kumat. Umumnya dokter tak menerapkan kata “obat” selain sebagai kemungkinan. Disaat memberikan pengobatan yang mempunyai kemungkinan bisa menyembuhkan kanker seseorang, dokter bisa menggambarkannya sebagai pengobatan dengan maksud sebagai penyembuhan.

Kemoterapi tak ada jaminan pasti untuk menyembuhkan kanker, sebab pengobatann ini tak senantiasa sukses. Umumnya perlu waktu bertahun-tahun untuk mengenal apakah kanker seseorang benar-benar sembuh.

2. Mengendalikan Penyakit Kanker

Sekiranya penyembuhan tak memungkinkan, tujuannya mungkin untuk mengatur penyakit kanker. Kemoterapi dipakai untuk mengurangi masa tumor atau menghentikan kanker supaya tak tumbuh dan menyebar. Sistem ini dapat menolong penderita kanker merasa lebih bagus dan hidup lebih lama.

Lazimnya, kanker tak sepenuhnya sirna, melainkan diatur dan dikelola sebagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung atau diabetes. Kanker hal yang demikian malah mungkin telah sirna untuk sementara waktu, melainkan diperkirakan mengalami kekambuhan.

3. Meringankan Penyakit Kanker

Kemoterapi juga bisa dipakai untuk meringankan gejala kanker. Juga disebut kemoterapi paliatif atau paliatif.

Dikala kanker stadium lanjut, yang berarti tak terkendali dan sudah menyebar ke komponen lain dari tubuh. Tujuannya kemo untuk meningkatkan mutu hidup atau menolong penderita kanker merasa lebih bagus. Contohnya, kemo bisa dipakai untuk menolong mengecilkan tumor yang menyebabkan rasa sakit.

Baca Juga : Perlu Diwaspadai Inilah Gejala Demam Berdarah

Apa Saja Efek Samping Dari Kemoterapi

Kemoterapi mengobati bermacam-macam macam kanker secara tepat sasaran. Namun perawatan tak jarang memunculkan efek samping. Efek samping dari kemoterapi berbeda untuk tiap-tiap orang.

Mereka tergantung pada macam kanker, lokasi, obat-obatan dan dosis, dan kesehatan lazim Anda. Berikut ini efek samping kemoterapi yang lazim hingga yang kurang lazim:

  1. Mual
  2. Muntah
  3. Sembelit
  4. Diare
  5. Kehilangan nafsu makan
  6. Rambut rontok
  7. Kelelahan
  8. Demam
  9. Sakit pada mulut
  10. Rasa nyeri
  11. Mudah memar

Kebanyakan efek samping hal yang demikian bisa dicegah atau diselesaikan, dan mereda sesudah pengobatan selesai. Tapi, ada sebagian efek samping yang berlangsung lama atau timbul sesudah sebagian bulan atau tahun sesudah pengobatan. Efek samping yang terjadi pada rentang panjang tergantung dari obat yang diaplikasikan, tapi bisa mencakup:

  1. Kerusakan saraf
  2. Kemandulan
  3. Masalah jantung
  4. Masalah ginjal
  5. Risiko kanker lainnya
  6. Kerusakan jaringan paru-paru

Asuransi Kesehatan Online – Tanyakan pada dokter kalau Anda mempunyai risiko efek samping yang mungkin akan terjadi. Tanyakan pedoman-pedoman dan gejala yang perlu Anda waspadai. Apabila Anda mengalami efek samping yang mengganggu, kasih tahu dokter atau perawat.

Asuransi Kesehatan Online

, , ,

About Jagabot

Broker asuransi online di Indonesia yang memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia dalam memilih Asuransi.
View all posts by Jagabot →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *