Apa itu Third Party Liability pada Asuransi Kendaraan?

Banyak asuransi yang menawarkan Third Party Liability, jadi apa yang dimaksud dengan itu? Kewajiban/tanggung jawab hukum pihak ketiga (Third Party Liability) memberikan perlindungan atas tuntutan kerugian dari pihak ketiga pada suatu kecelakaan.

Kecelakaan kendaraan bisa terjadi kapan saja, dimana saja, dan pada siapa saja, terkadang bisa juga melibatkan orang lain. Suatu saat kita bisa saja lengah dan bisa menabrak mobil orang lain. Di saat ini ada hal yang membuat kita bingung: bagaimana kita mengganti kerusakan yang dialami kendaraan tersebut?

Tidak cuma ke diri sendiri saja tapi kerugian juga terjadi kepada kendaraan orang lain, atau yang kita sebut sebagai pihak ketiga. Jika memang kita yang menyebabkan kecelakaan dan secara hukum terbukti bersalah, kita harus siap-siap menghadapi tuntutan hukum dan atau ganti rugi dari pihak ketiga yang menjadi korban. Bagaimana kita bisa mempersiapkan perlindungan untuk risiko semacam ini?  

Manfaat asuransi yang memiliki Third Party Liability (TPL) atau perlindungan atas kewajiban/tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga ini memberikan perlindungan atas tuntutan kerugian yang dialami oleh pihak ketiga yang terlibat dalam suatu kecelakaan. Manfaat biasanya sudah termasuk dalam satu paket produk asuransi, tapi bisa juga dibeli sebagai tambahan.

Baca juga:

Ketahui Biaya Pajak Kendaraan Bermotor Anda dengan Cara Berikut

Apa saja yang tercakup dalam manfaat Third Party Liability ?

Manfaat TPL di dalam asuransi kendaraan dapat mengganti kerugian terhadap dua hal. Pertama, adalah kematian atau cedera yang dialami pihak ketiga yang terlibat dalam kecelakaan. Pihak ketiga yang dimaksud adalah siapapun yang ada di dalam kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan dengan mobil kita (termasuk biaya pengobatan).

Kedua, adalah penggantian kerusakan atas aset pihak ketiga, di luar aset kita sebagai pemegang polis asuransi. Perusahaan asuransi akan membayar biaya kerugian atas kerusakaan ini sesuai kesepakatan yang tertulis di polis pemegang asuransi – seperti biaya untuk memperbaiki kendaraan pihak ketiga.

Baca juga:

Perhatikan, Tilang Elektronik Secara Nasional di Terapkan di Daerah Berikut

Apa saja kerusakan/kecelakaan yang tidak termasuk dalam manfaat TPL?

Tergantung dengan asuransi dan polis anda, ada beberapa kerusakan atau kecelakan yang tidak termasuk dalam manfaat TPL. Sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut agar kita tidak mengalami penolakan klaim yang diajukan. Beberapa hal yang bisa menyebabkan manfaat TPL menjadi batal, misalnya: jika pada saat terjadi kecelakaan, kendaraan yang diasuransikan sedang digunakan oleh orang lain yang tidak memiliki Surat Izin Mengemudi yang sah, atau kita melakukan pelanggaran lalu lintas dan menyebabkan terjadinya kecelakaan yang menimbulkan kerugian dan selanjutnya Tuntutan Hukum dari Pihak Ketiga. Selain itu, kejadian-kejadian seperti terorisme, radiasi, ledakan nuklir, perang, pemberontakan dan lainnya juga dikecualikan dari manfaat TPL.

Oleh sebab itu, sangatlah penting bagi kita untuk membaca dan memahami isi polis produk asuransi yang kita miliki agar kita tidak mengalami kekecewaan pada saat mengajukan klaim. Ketahuilah manfaat dan pengecualian yang ada.

asuransi mobil diskon 25%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *