Apa Yang Harus Dilakukan Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas

Apa Yang Harus Dilakukan Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Info Jagain – Terlibat kecelakaan di jalan raya, pastinya tak diharapkan oleh segala pengendara. Melainkan, sekiranya situasi seperti itu terpaksa sepatutnya dialami, jangan hingga lari dan meninggalkan daerah kejadian, walaupun tak salah sekalipun.

Sekiranya nekat meninggalkan daerah kejadian, dapat disebut sebagai kecelakaan “tabrak lari”. Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto mengatakan, seperti dalam undang-undang, “tabrak lari” dapat dipidanakan, dan tergolong tindak melanggar hukum.

Ini Yang Harus Dilakukan Saat Terlibat Kecelakaan Di Jalan | Info Jagain

Apabila terlibat kecelakaan, pengendara sebaiknya tidak langsung kabur melarikan diri. Pengendara yang melarikan diri dari lokasi kecelakaan dan juga menimbulkan korban atau pelaku tabrak lari dapat diberi hukuman yang berat.

Di dalam undang-undang nomor 22 tahun 2009 perihal Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, tertulis sebagian skor yang semestinya dijalankan dikala terlibat dalam kecelakaan. Malahan yang cuma sekadar melihatpun, wajip melaksanakan tindakan yang disarankan.

Berikut perilaku yang mesti dikerjakan bagi pengemudi kendaraan bermotor yang terlibat kecelakaan lalu lintas, cocok pasal 231 ayat 1.

  1. Menghentikan kendaraan yang dikemudikannya.
  2. Memberikan pertolongan terhadap korban.
  3. Melaporkan kecelakaan terhadap Kepolisian Negara Republik Indonesia terdekat.
  4. Memberikan keterangan yang berkaitan dengan kejadian kecelakaan.

Tapi pada pasal 2 digambarkan, bagi pengemudi kendaraan bermotor, yang sebab kondisi memaksa tak bisa melakukan ketetapan sebagaimana dimaksud pada ayat 1, diinginkan lantas melaporkan diri terhadap Kepolisian Negara Republik Indonesia terdekat. Berikutnya, pada pasal 232, tiap orang yang mendengar, mengamati, dan (atau) mengenal terjadinya kecelakaan lalu lintas mesti melaksanakan perbuatan sebagai berikut.

  1. Memberikan pertolongan terhadap korban kecelakaan lalu lintas.
  2. Melaporkan kecelakaan hal yang demikian terhadap Kepolisian Negara Republik Indonesia.
  3. Memberikan keterangan terhadap Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Dari penjabaran pasal hal yang demikian, dapat dikatakan seandainya membolehkan kecelakaan, terlebih bagi pihak yang terlibat, yakni perbuatan yang tak diperbaiki.

Asuransi Mobil All Risk Terbaik

Yang Harus Dilakukan Selanjutnya

  1. Jangan membuat kesepakatan apapun untuk penggantian berupa uang tanpa memberitahu perusahaan asuransi, ataupun apabila Anda yang salah dalam insiden ini
  2. Foto kedua mobil dan pertanda-pertanda jejak pengereman roda. Foto-foto ini dapat diaplikasikan untuk melaporkan kendaraan ke perusahaan asuransi mobil Anda
  3. Hubungi perusahaan asuransi. Tunggu hingga polisi mengijinkan Anda pergi dan meminta salinan laporan polisi. Catat nama polisi, kawasan tugas, dan nomor anggotanya supaya gampang melacaknya
  4. Jangan tergesa-gesa meninggalkan lokasi kejadian, cek kembali bersama pengendara lain
  5. Hati-hati menangani korban, jangan hingga bahkan memperparah cedera. Jangan main angkat atau memindahkan korban

Periksa kondisinya, tanya yang dinikmati jika dia sadar, sehingga punya info yang diperlukan ketika menghubungi regu bantuan atau medis.

Tetapi, pada pasal ‘312’ dikatakan, bagi tiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor yang terlibat kecelakaan lalu lintas, dan dengan sengaja tak menghentikan kendaraannya, tak memberikan pertolongan, atau tak melaporkan kecelakaan lalu lintas terhadap Kepolisian Negara Republik Indonesia terdekat, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 231 ayat (1) huruf a, huruf b, dan huruf c tanpa alasan yang semestinya, dipidana penjara paling lama 3 tahun atau denda paling banyak Rp 75 juta. (Apa Yang Harus Dilakukan Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas)

, , ,

About Jagabot

Broker asuransi online di Indonesia yang memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia dalam memilih Asuransi.
View all posts by Jagabot →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *