Bagaimana Cara Melewati Tanjakan dengan Sepeda Gunung?

Jumlah masyarakat yang hoi bersepeda semakin meningkat sampai terbetuknya banyak grup sepeda di berbagai daerah. Mereka bersama dengan member lainnya suka mengadakan gowes bareng di berbagai area, sampai ke hutan atau rute off-road.

Saat bersepeda, tentunya melewati tanjakan menjadi tantangan yang berat bagi banyak orang. Ada yang mampu melewati ada juga yang kehabisan tenaga saat pertengahan.

Untuk melewati tanjakan, pastinya lebih gampang bagi yang memiiki oto kaki yang kuat. Hal tersebut tentunya dapat diperoleh dengan rajin latihan, atau rutin bersepeda dengan porsi jarak yang diatur.

Baca juga:

Bikin Sepeda Lama Terasa Baru dengan Cara Berikut

Namun, meskipun sudah rajin latihan dan memiliki otot kaki yang kuat, terkadang masih sering gagal saat melewati tanjakan yang lumayan terjal. Otot yang kuat bukanlah satu-satunya penunjang untuk bisa melewati tanjakan, melainkan haru memiliki keseimbangan tubuh.

Dilansir PORTAL JEMBER dari kanal Youtube MTB Lawang, berikut tips melewati tanjakan dan cara menaiki sepeda setelah berhenti di tanjakan.

Cara Melewati Tanjakan

  • Posisikan badan diatas handle bar dan kepala paralel dengan roda depan sambil mengayuh. Posisi ini akan menyeimbangkan beban pada sepeda supaya terasa lebih ringan.
  • Cari dan sesuaikan keseimbangan badan, serta pertahankan ritme mengayuh dan usahakan menggunakan gear paling ringan.

Baca juga:

Gowes Lebih Mantap dengan Pedal Clipless

Cara Menaiki Sepeda Setelah Berhenti di Tanjakan

  • Miringkan sepeda sesuai keseimbangan badan. Usahakan tubuh berada di sisi kiri sepeda dan berada di atas sepeda, supaya sepeda tidak berjalan mundur.
  • Naiki sepeda saat posisi sepeda sedang miring.
  • Ayun sepeda dan tempatkan posisi tubuh dengan dada berada di atas handbar atau setir.
  • Apabila masih sulit menyeimbangkan, turunkan gigi gear belakang ke nomor 1-3, pilih sesuai kemampuan, kemudian coba kembali.

Selamat mencoba dan semoga berhasil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *