Bagaimana Jika Polis Asuransi Kendaraan Kamu Batalkan?

Jika Kita merasakan layanan yang kurang memuaskan, seperti respon lelet, proses klaim yang di persulit. Pastinya Kita akan merasa sebal, karna layanan dan prosedur dari layanan asuransi yang tidak sesuai dengan ekspetasi yang di harapkan. Dan merasa tidak puas dengan semua janji janji manis perusahaan asuransi tersebut. Pastinya akan terpikirkan untuk segera berpaling dengan perusahaan Asuransi lainnya.

Dengan harapan layanan Asuransi Online Mobil selanjutnya mempunyai layanan yang bagus, proses klaim yang mudah, rekanan bengkel banyak. Seperti di Jagain.Com, yang mengutamakan kepuasan pelanggan dengan memberikan layanan yang terbaik, proses klaim akan dibantu sampai selesai. atau bisa juga alasan pembatalan Asuransi Kendaraan Online Kamu, dikarenakan ingin menjual kendaraan untuk mengganti dengan yang lebih bagus, atau lainnya.

Jadi, Apakah bisa kita ingin membatalkan asuransi secara sepihak ? dan bagaimana jika dengan polis yang lama ?

Tentunya sangat amat bisa, Kamu bisa kapan aja untuk melakukan Pembatalan Polis Asuransi Kendaraan Mobil/Motor. Jadi pada intinya, kita punya kebebasan mutlak dalam hal itu. klausula yang membahas polis itu juga tertulis dalam (Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor (PSAKBI) Pasal 27) tentang penghentian pertanggungan.

Bagaimana Proses Pembatalan Polis Asuransi

Seusai dengan acuan di pasal itu, kita boleh membatalkan polis asuransi secara sepihak. Dan di pasal itu juga mencantumkan tata caranya yang cukup sederhana. Jadi, tertanggung harus mengajukan pembatalan polis asuransi itu terhadap pihak asuransi secara tertulis.

Semacam pengajuan tertulis itu diterima, karenanya dalam rentang waktu lima hari ke depan pihak asuransi tidak bertanggung jawab lagi kepada risiko kendaraan beroda empat tertanggung yang tercantum dalam polis.

Amat direkomendasikan kita telah ada kepastian memilih perusahaan asuransi baru sebelum mengajukan pembatalan polis asuransi. Kan jangan hingga kendaraan beroda empat mengapa-apa di waktu polis asuransi telah tidak berlaku lagi dan di dikala beriringan belum punya polis asuransi yang baru.

Bagaimana Jika Polis Asuransi Kendaraan Kamu Batalkan?

Konsekuensi pembatalan polis

Tentunya ada konsekuensi dari pembatalan polis. Konsekuensinya bukan sekedar tiadanya lagi proteksi dari pihak asuransi, melainkan termasuk juga soal premi. Pengaruh dari pembatalan polis itu juga dikontrol dalam Pasal 27 ayat 2 PSAKBI.

Lazimnya, pihak asuransi punya ketetapan yang hampir sama berkaitan pembatalan polis. Ketetapan yang berlaku sama itu di antaranya apabila polis dibatalkan pemegang polis atau tertanggung, karenanya bakal dikenai premi ‘short period’ (periode pendek).

Maksudnya, tertanggung tak dibebani premi yang nilainya tahunan. Namun, cuma dihitung semenjak waktu masa berlaku polis hingga dengan waktu pembatalan.

Atas dasar itu, tertanggung memiliki hak menerima pengembalian seandainya telah melunasi premi secara keseluruhan. Poin pengembaliannya menurut selisih dari besaran premi yang dibayar keseluruhan dengan masa berlaku polis yang telah dilalui atau istilahnya short period.

Hanya perlu diingat, ketetapan itu cuma berlaku selama masa pertanggungan tak pernah mengajukan klaim. Lain halnya apabila selama masa pertanggungan yang sudah dijalani, sudah terjadi klaim yang jumlahnya melebihi premi yang tercantum dalam Inti Pertanggungan, karenanya tertanggung tidak memiliki hak lagi atas pengembalian premi untuk bentang waktu pertanggungan yang belum dijalani.

Bagaimana Jika Polis Asuransi Kendaraan Kamu Batalkan?

Lalu bagaimana apabila kasus pembatalannya diputuskan secara sepihak oleh pihak asuransi?

Tentu saja tertanggung memiliki hak pula menerima pengembalian premi. Pengembalian yang berlaku apabila pihak asuransi yang membatalkan yakni dengan mengembalikan premi secara prorata (proporsional) untuk waktu pertanggungan yang belum berjalan. Jadi jikalau pihak asuransi membatalkan polis asuransi dalam waktu dua bulan, karenanya seharusnya mengembalikan premi sisa masa pertanggungan selama 10 bulan.

Meskipun seperti itu, perlu menjadi catatan yakni variasi pembatalan polis asuransi ini tidak berlaku atas perluasan jaminan huru hara. Ketetapan ini diambil dengan alasan untuk menghindari terjadinya anti selection alias kemungkinan orang mengasuransikan risiko kerusuhan pada ketika terjadinya kondisi huru hara dan kemudian membatalkannya ketika kondisi telah stabil.

Dari uraian itu, kita dapat tahu akibat dari pembatalan polis asuransi. Uang premi yang telah kita bayarkan memiliki hak dikembalikan sepanjang selama masa tanggungan itu tidak pernah mengajukan klaim. pengembalian premi itu telah tertuang dalam PSAKBI. Jadi, jangan takut memperjuangkan hak kita hal yang demikian terhadap perusahaan asuransi. (Bagaimana Jika Polis Asuransi Kendaraan Kamu Batalkan?)

, , , ,

About Jagabot

Broker asuransi online di Indonesia yang memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia dalam memilih Asuransi.
View all posts by Jagabot →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *