Beberapa Makanan dan Minuman Fermentasi yang Sehat

Banyak makanan dan minuman yang difermentasi untuk mengawetkan makanan. Dengan proses yang melibatkan bakteri dan ragi yang memecah gula pada makanan atau minuman.

Tidak hanya mengawetkan makanan, beberapa makanan fermentasi memiliki efek yang baik untuk kesehatan kita dengan meningkatkan jumlah bakteri menguntungkan, atau probiotik, yang ditemukan di usus.

Makanan dan minuman yang difermentasi memiliki manfaat yang baik untuk pencernaan dan kesehatan.

1. Kimchi

Kimchi adalah makanan fermentasi khas korea yang terbuat dari sayuran yang difermentasi seperti kubis atau lobak.

Studi telah menemukan bahwa itu dapat membantu mengurangi resistensi insulin dan kolesterol darah.

Baca juga:

Orang Indonesia Sering Terserang 4 Penyakit Ini

2. Tempe

Tempe terbuat dari kacang kedelai hasil fermentasi yang telah diproses.

Kandungan probiotik dalam tempe, kaya akan banyak nutrisi yang dapat meningkatkan kesehatan. Misalnya, protein kedelai telah terbukti membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung tertentu.

3. Miso

Bumbu umum yang sering digunakan untuk masakan Jepang dibuat dengan memfermentasi kedelai dengan garam dan koji, sejenis jamur. Miso juga sering ditemui di dalam mie atau sup.

Sebuah studi tahun 2007 terhadap lebih dari 40.000 orang menunjukkan bahwa asupan sup miso yang lebih tinggi dikaitkan dengan risiko stroke yang lebih rendah pada wanita Jepang.

Baca juga:

Posisi Tidur Tengkurap Buruk untuk Kesehatan?

4. Yoghurt Probiotik

Yogurt dihasilkan dari susu yang difermentasi, paling sering dengan bakteri asam laktat.

Yoghurt pobriotik memiliki tinggi nutrisi dan dapat membantu mengurangi berat badan, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan kesehatan tulang.

5. Kombucha

Kombucha adalah teh fermentasi yang terbuat dari teh hijau atau hitam dan mengandung sifat mempromosikan kesehatan mereka yang ampuh.

Studi hewan menunjukkan bahwa minum kombucha dapat membantu mencegah toksisitas hati dan kerusakan yang disebabkan oleh paparan bahan kimia berbahaya.

asuransi demam berdarah online terbaik - blog jagain.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *