Beli Mobil apa Rumah Dahulu ?

Di era yag berkembang saat ini, biasanya para professional muda punya ambisi dan cita-cita mengenai kebutuhan yang harus dimiliki ke depannya. Biasanya, nggak bakal lepas dari kebingungan antara memilih mencicil rumah (KPR) atau mencicil mobil.


Disaat seperti ini juga biasanya dihadapkan ke pilihan antara masa depan yang lebih serius dibandingkan dengan euphoria masa bujangan. Jagabot mau kasih alasan kenapa anda harus mengesampingkan dulu niat untuk membeli mobil.

1. Rumah itu kebutuhan primer manusia.

Waktu zaman masih sekolah, anda pasti pernah mempelajari pengklasifikasian kebutuhan manusia. Dalam hidupnya, manusia mempunyai banyak kebutuhan. Nggak ada manusia yang nggak punya kebutuhan. Namun, guna memudahkan masyarakat dalam mengklasifikasikannya, para pakar di zaman dahulu kemudian menemukan istilah untuk tingkat kebutuhan, yaitu primer, sekunder, dan tersier.

Beli Mobil apa Rumah Dahulu ?

Lalu, tentang cita-cita mana yang perlu didahulukan: membeli mobil atau rumah, anda harusnya bisa paham tentang ini. Kita semua mengerti pada tingkat kebutuhan mana rumah termasuk dan pastinya juga tahu mobil itu termasuk pada tingkat kebutuhan yang mana.

2. Buat persiapan masa depan.

Kalau melihat nilai guna, antara rumah dan mobil jelas punya nilai guna yang berbeda. Rumah adalah tempat dimana kita beristiharat dari kegiatan yang seharian telah kita lakukan, selain itu juga menjadi tempat nyaman untuk bisa berkumpul sama keluarga, emang bisa sih di mobil, tapi bisa bertahan berapa lama sih ?

Beli Mobil apa Rumah Dahulu ?
Atau mau nebeng sama orang tua atau mertua ? Emang mau lama-lama tinggal bareng orangtua atau mertua? Punya rumah sendiri jelas bisa bikin anda lebih mandiri. Terlalu lama nebeng juga bisa sangat mengganggu kehidupan kita dan pasangan. Mendingan punya rumah sendiri, biar bisa mandiri.

Anda mungkin berpikiran bisa mengontrak rumah walaupun telah memiliki mobil. Namun itu bukan ide yang bagus lho. Ini alasannya; untuk tinggal di rumah kontrakan, kita perlu keluar uang untuk sewa. Itu baru sampai masalah sewa saja padahal. Belum hal-hal lain yang bisa bikin anda merogoh kocek. Di satu sisi, anda juga bisa kehilangan uang bulanan untuk servis rutin, ganti oli, ganti aki atau apa pun itu yang berkenaan dengan mobilmu.

3. Rumah juga investasi.

Harga tanah dan rumah makin sini makin tinggi, itu sudah menjadi rahasia umum. Meningkatnya pertumbuhan penduduk bisa dibilang jadi alasan dari semua. Maka kalau anda nggak segera beli tanah dan rumah, harganya bisa terus melambung setinggi langit.

Beli Mobil apa Rumah Dahulu ?
Memiliki rumah itu bisa jadi investasi yang di masa depan nanti nilainya pasti yang bakal terus meninggi. Nggak ada cerita beli mobil baru seharga Rp 100 juta, lalu beberapa bulan kemudian dijual dengan harga yang sama. Mobil itu pasti ditawar dengan harga yang lebih rendah dibanding harga saat membelinya. Apalagi jika anda memberikan asuransi rumah tingal kepada rumah yang telah anda beli, nilai pada rumah itu bisa bertahan terus bahkan bisa lebih tinggi dari nilai pertama anda membelinya.

Itulah beberapa alasan kenapa kita seharusnya lebih baik memiliki rumah dahulu ketimbang mengedepankan ego untuk membeli mobil. Gimana ? Jadi lebih tahu kan yang mana harus lebih anda dahulukan. Semoga berguna ya.

 

 

Cek Kebutuhan asuransi anda hanya di Jagain.com

About Jagabot

Broker asuransi online di Indonesia yang memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia dalam memilih Asuransi.
View all posts by Jagabot →

1 thought on “Beli Mobil apa Rumah Dahulu ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *