Bepergian Jauh bersama Hewan Peliharaan dengan Aman

Jalan-jalan ke tempat yang jauh saat liburan memang menyenanangkan. Tapi pastinya akan lebih seru lagi bepergian dengan hewan peliharaan kesayaanganmu. Bukan hanya baik bagi Anda, namun juga hewan peliharaan yang juga ikut terisolasi lantaran pandemi Covid-19.

Sebelum memutuskan mengajak hewan peliharaan, pastikan ia sedang tidak sakit, masih muda, atau terlalu cemas untuk diajak bepergian. Pastikan juga anda mengikuti semua protokol kesehatan dan juga peraturan pemerintah di wilayah yang ingin anda kunjungi. Berikut tips membawa hewan peliharaan anda dengan aman:

  1. Simpan hewan peliharaan dengan aman di dalam mobil

    Sama seperti manusia, pastikan hewan peliharaanmu tidak berkeliaraan di dalam kendaraan karena ini bisa mengganggu yang sedan menyetir. Namun usahakan jangan membiarkan hewan terkurung di dalam kandang karena itu bisa membuat hewan malah stres. Anda bisa menggunakan pet carrier atau dudukan mobil untuk hewan peliharaan anda.

Baca juga:

Membawa Hewan Peliharaan Dalam Mobil Dengan Aman
  1. Teliti kebijakan hewan peliharaan di akomodasi Anda

    Biasanya penginapan atau hotel tidak memperbolehkan tamu untuk membawa hewan peliharaan karena risiko berisik yang bisa mengganggu tamu lain atau bau. Jadi pastikan penginapan yang anda pilih mengizinkan anda untuk membawa hewan kesayangan anda.
  1. Kemasi perlengkapan khusus hewan peliharaan

    Pastikan Anda membawa keperluan hewan kesayangan selama traveling. Misalnya makanan, obat-obatan, tali pengikat, kalung, mangkuk makanan, mainan, kantong sampah hingga pispot atau popok.
  1. Mempersiapkan keadaan darurat

    Sebelum memulai perjalanan, pastikan untuk mengidentifikasi hewan peliharaan Anda atau mengupgrade informasi microchip untuk mengantisipasi jika kalian terpisah.

Baca juga:

Perawatan Lebih untuk Hewan Peliharaan yang Sudah Tua
  1. Habiskan sebagian energi hewan peliharaan Anda sebelum perjalanan

    Ajak hewan peliharaan anda untuk beraktivitas sebelum memulai perjalanan. Ini bisa membantu mengeluarkan energi, menghilangkan rasa gugup, sehingga hewan bisa tenang ketika berada mobil.
  1. Sesuaikan jadwal makan hewan dan perjalanan

    Para ahli sering merekomendasikan untuk melewatkan sarapan anjing atau kucing saat bepergian dengan hewan peliharaan. Perjalanan darat dapat menyebabkan ketidaknyamanan perut, mual bahkan muntah. Anda bisa memberikan makanan ketika hewan tiba di tempat tujuan.

Untuk lebih pastinya memang lebih baik ke dokter untuk memastikan apakah hewan peliharaan anda aman untuk dibawa perjalanan panjang, apalagi hewan yang memiliki kebutuhan khusus. Anda mungkin perlu mengubah jadwal makan hewan berdasarkan lama perjalanan dan kesehatan hewan peliharaan Anda. Yang pasti, hewan harus tetap terhidrasi, jadi pastikan untuk menepi sejenak dan biarkan kucing dan anjing Anda minum air.

asuransi hewan - blog jagain.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *