Berbagai Macam Kendaraan Listrik, dari Mobil Sampai Kereta

Jaman sekarang mulai banyak orang yang menggunakan kendaraan listrik, karena pengunaan kendaraan listrik juga lebih baik untuk bumi kita ketimbang kendaraan yang menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM). Kendaraan listrik menggunakan motor listrik untuk menggerakkan rodanya biasanya di-charger untuk menghidupkannya.

Inilah beberapa macam kendaraan bertenaga listrik!

Mobil Listrik

Salah satu kendaraan listrik yang sudah digunakan banyak orang, terutama di Eropa dan Amerika Serikat adalah mobil listrik. Mobil ini menggunakan baterai ion lithium sebagai sumber listriknya.

Baterai ion lithium lebih tahan lama dan bisa diisi ulang berkali-kali dan biasanta baterai mobil listrik ditaruh di bagian lantai mobil. Mobil listrik menggunakan beberapa baterai yang dirangkai menjadi satu kesatuan. Biasanya ada sekitar 7.000 sel baterai dalam satu mobil.

Baca juga:

Ada Cara Nyalip Kendaraan Lain yang Benar? 🤔

Kereta Listrik

Kereta listrik juga sudah lumayan digunakan di beberapa negara, termasuk Indonesia. Kereta listrik adalah kereta yang menggunakan listrik sebagai sumber tenaga penggeraknya. Ciri utama kereta listrik adalah adanya jalur listrik di atas atap kereta.

Kereta ini memiliki pantograf yang terhubung dengan sumber listrik. Cara kerjanya, listrik disalurkan pada kereta melalui pantograph. Arus listrik akan diubah melalui konverter lalu masuk ke bagian dinamo kereta. Dinamo inilah yang akan menggerakkan roda kereta.

Sepeda Listrik

Kendaraan listrik lainnya adalah sepeda listrik yang menggunakan motor listrik sebagai penggeraknya. Dengan adanya trend gowes di tengah pandemi, ga cuma sepeda lipat yang menjadi trendy, tapi banyak juga orang yang menggunakan sepeda listrik.

Sepeda listrik memiliki pedal seperti sepeda pada umumnya. Bedanya adalah, ketika kita lelah mengayuh, kita bisa menggerakkan sepeda dengan motor listrik yang sumber listriknya dari baterai isi ulang.

asuransi mobil diskon 25%

1 thought on “Berbagai Macam Kendaraan Listrik, dari Mobil Sampai Kereta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *