Cara Membawa Sepeda dengan Mobil yang Aman

Hobi sepeda sekarang lagi marak, terutama di daerah perkotaan. Oleh karena itu, lumayan banyak orang yang bawa sepeda ke kantor menggunakan mobil supaya bisa langsung nge-gowes setelah pulang kerja.

Dijelaskan Training Director Safety Defensive Consultant, Sony Susmana, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan sebelum membawa sepeda pakai mobil.

“Yang pertama mudah dipantau, kedua tidak merepotkan pengemudi, dan yang paling penting tidak melebihi dimensi kendaraan dan aman selama dibawa,” ujar Sony pada hari Minggu (30/8/2020).

Baca Juga:

Asuransi Sepeda Road Bike

Biasa saat orang membawa sepeda dengan mobil, sepeda akan di simpant di kabin mobil, belakang mobil, atau di atas mobil. Tapi apakah ada cara yang lebih aman, atau cara benar untuk membawa sepeda dengan mobil?

“Kalau untuk penempatan sepeda di belakang mobil, memang lebih mudah dipantau dari kaca spion, namun akan merepotkan pengemudi kala mundur atau sedang ingin parkir,” kata Sony.

Sedangkan sepeda yang di posisikan di atas mobil akan sulit di pantau. “Tidak hanya sulit dipantau, namun juga susah bongkar pasangnya dan rawan terkena pohon, portal atau kabel-kabel,” tuturnya.

Menurut Sony, cara yang paling aman untuk membawa sepeda dengan mobil adalah untuk menyimpan sepedanya di kabin mobil. Namun, ini juga tergantung ruang kabin mobil untuk mengakomodasi sepede masing-masing. “Jika pemilik kendaraan menggunakan mobil MPV lebih baik taruh dalam kabin, selain aman, murah juga. Sebab tidak perlu membeli bracket tambahan,” katanya.

asuransi sepeda road bike - blog jagain.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *