Cara Mencegah Terkena Anemia Saat Berpuasa

Blog Jagain – Anemia yaitu keadaan yang terjadi dikala jumlah sel darah merah mengalami penurunan jumlah. Sel darah merah sendiri berfungsi membawa oksigen ke segala tubuh. Ketika jumlahnya berada di bawah batas normal, pengidapnya akan merasa gampang lelah, apalagi saat mereka tangah melaksanakan ibadah puasa.

Disaat Menjalankan Ibadah Puasa, Terkena Anemia ? Begini Cara Mengatasinya

Bagi Kamu yang mempunyai riwayat penyakit ini, berikut kiat melaksanakan ibadah puasa bagi pengidap anemia:

Jangan Mengkonsumsi Kafein dan Soda

Langkah pertama menyelesaikan anemia dikala puasa yakni menerima asupan zat besi tinggi, sebab zat besi bisa menolong penyusunan sel darah merah dengan pesat. Ketika pengidap anemia mengkonsumsi kafein dan soda, karenanya kedua kandungan hal yang demikian akan menghalangi perembesan zat besi dalam tubuh. Nah, sebaiknya hindari kedua macam minuman hal yang demikian, ya!

Cukup Waktu Istirahat

Langkah berikutnya dalam menyelesaikan anemia dikala puasa yakni cukup waktu rehat. Orang yang tak mempunyai waktu rehat yang cukup akan mempunyai tekanan darah yang rendah, serta merasa gampang lelah. Untuk mencegah hal hal yang demikian terjadi, pastikan kau mempunyai waktu rehat yang cukup supaya mencegah terjadinya anemia dikala berpuasa.

Konsumsi Makanan dengan Kandungan Zat Besi Tinggi

Seperti yang ditunjukkan sebelumnya, pengidap anemia memerlukan asupan zat besi tinggi guna menolong produksi sel darah merah. Untuk melancarkan aktivitas beribadah puasa, karenanya salah satu langkah yang dapat kau lakukan yakni mencukupi asupan gizi hal yang demikian dikala sahur dan berbuka. Kandungan zat besi banyak ditemukan dalam daging merah, kuning telor, seafood, sera gandum.

Lakukan Olahraga Ringan

Langkah berikutnya dalam menyelesaikan anemia dikala puasa yakni melaksanakan olahraga secara rutin. Padahal sedang berpuasa, pengidap anemia direkomendasikan untuk melaksanakan olahraga ringan guna menurunkan kadar hormon stres yang ada di dalam darah.

Dengan menurunnya kadar hormon stres dalam darah, aliran darah dalam tubuh akan lebih lancar, serta tekanan darah kau akan stabil. Tak perlu olahraga dengan intensitas berat, kau cukup berjalan santai saja selama 30 menit sebelum berbuka puasa.

Berbuka dengan Makanan Manis

Kadar gula dalam darah otomatis akan menurun selama berpuasa. Sebab hal yang demikian juga terjadi pada pengidap anemia, malah mereka dapat saja merasa lebih lemas dari orang lainnya. Apabila hal hal yang demikian, pengidap anemia direkomendasikan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis dikala berbuka untuk mengembalikan kadar gula darah yang sirna selama berpuasa.

Konsumsi Suplemen Penambah Darah

Melainkan sungguh-sungguh dibutuhkan, pengidap juga dapat mengkonsumsi suplemen penambah darah yang mengandung zat besi, serta vitamin B seperti asam folat. Kau sebelum mengkonsumsi suplemen penambah darah, bicarakan khususnya dahulu dengan dokter di aplikasi Halodoc ya. Jangan asal mengkonsumsi suplemen saja, sebab zat besi yang menumpuk dalam tubuh juga tak bagus bagi kesehatan tubuh.

Konsumsi Kacang-Kacangan

Langkah terakhir dalam menyelesaikan anemia dikala puasa yakni dengan mengkonsumsi kacang-kacangan. Kacang-kacangan bukan cuma mengandung zat besi tinggi, namun juga mengandung tinggi protein nabati. dapat mengkonsumsi kacang-kacangan sebagai camilan sehat dikala sahur atau sesudah berbuka puasa. Bukan cuma mengandung gizi penting yang bagus bagi tubuh, kacang-kacangan juga kapabel membikin kau merasa begah lebih lama.

Gejala anemia sungguh-sungguh bervariasi, tergantung pada penyebab yang mendasari. Pengidap umumnya mengalami gejala awam berupa lemas dan pesat lelah, sakit kepala, kulit nampak pucat, denyut jantung tak teratur, nafas pendek, nyeri dada, serta rasa dingin yang menjalar pada tangan dan kaki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *