Cara Mengajarkan Anak Merawat Hewan Peliharaan

Manfaat baik memelihara hewan peliharaan banyak, salah satunya membawa kebahagiaan dalam keluarga. Tapi selain itu, memelihara hewan peliharaan juga bisa mengajarkan anak-anak untuk lebih mandiri dan sabar. Untuk itu, bagi Anda yang ingin mengajarkan anak merawat hewan peliharaan, maka pilihnya yang cocok dengan usia sang anak.

Tentunya hewan peliharaan tidak boleh asal pilih. American Academy of Pediatrics (AAP) menyarankan orang tua mempertimbangkan tahap perkembangan anak sebelum memilih hewan peliharaan. Jika hewan peliharaan itu diperuntukkan sebagai pendamping anak, sebaiknya tunggu sampai ia cukup usia sekitar 5 atau 6 tahun untuk menangani dan merawat hewan. Jika dirasa anak sudah siap secara perkembangan, diskusikan kebutuhan hewan dan segala hal yang terkait dengan perawatannya terlebih dahulu.

Kasih liat contoh ke anak cara memelihara hewan peliharaan yang benar, dari tetangga, keluarga, atau video online. Hewan yang santai dan kondusif lebih baik untuk berada di sekitar anak-anak. Selain itu, perhatikan juga alergi yang ada pada anak atau keluarga sekitar. Sebab, sel kulit yang terkelupas, rambut, dan bulu dapat menyebabkan alergi bagi beberapa orang. Jika kondisinya demikian, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan memiliki hewan peliharaan.

Kemudian, orang tua juga perlu tahu bahwa hewan peliharaan berpotensi menjadi sumber penyakit yang dapat menginfeksi anak. Pertimbangkan kebersihan dan keamanan, baik untuk hewan peliharaan maupun anak-anak. Orang tua harus mengajarkan anak mencuci tangan setelah bermain dengan hewan peliharaan. Selain itu, orang tua harus mengawasi waktu berpelukan atau perawatan untuk memastikan hewan peliharaan menikmati pengalaman dirawat oleh anak kecil.

Baca juga:

Terapkan Social Distancing Pada Hewan Peliharaan

Walaupun tingkat kedewasaan anak berbeda, ada panduan dasar tentang jumlah tanggung jawab untuk kelompok usia yang berbeda, sebagaimana dilansir dari laman Family Education. Usia 3 tahun ke bawah Di usia ini, orang tua bisa mengajarkan kepada anak untuk menjadi pemilik hewan peliharaan yang baik dan bertanggung jawab. Perlahan, anak terus diajarkan bahwa peliharaan adalah hewan hidup dan tidak boleh menarik ekor, atau mendekati mereka saat makan.

Selain itu, di usia ini anak juga dapat membantu orang tua atau saudara untuk mendapatkan persediaan atau menjawab pertanyaan sederhana seperti, “Di mana kita menyimpan makanan anjing?” Kategori berikutnya untuk usia 4-5 tahun Pada usia ini, anak dapat membelai hewan peliharaan dengan hati-hati dari kepala hingga ke ekor. Selain itu, anak juga bisa menjatuhkan makanan untuk hewan atau berjalan-jalan dengan hewan peliharaan, bisa membantu sedikit tugas untuk menjaga hewan seperti memegang tali saat berjalan-jalan dengan anjing.

Pada usia 6-8 tahun, anak harus tetap diawasi ketika berinteraksi dengan hewan peliharaan. Anak dapat memberikan stimulus berupa mengajar trik dan perintah sederhana atau bermain tangkap untuk merawat kebutuhan hewan peliharaannya. Selain itu, anak sudah mulai bisa belajar menyikat kucing atau anjingnya dengan benar (kepala ke ekor sesuai arah pertumbuhan bulunya). Di usia 9-11 tahun, anak sudah bisa berjalan dengan hewan peliharaan dalam jarak pendek dengan pengawasan orang tua. Anak-anak dapat merawat hewan peliharaan, mengajak bermain, dapat membantu mengambil kotoran. Selain itu, anak-anak seusia ini juga dapat membantu memandikan anjing dan diajari cara memberi makan hewan peliharaan. Sekolah Menengah dan Seterusnya untuk usia 12+ Pada usia 12 tahun ke atas ini, anak lebih bertanggung jawab dan dapat menangani semua tugas perawatan hewan peliharaan dengan mudah. Sebagian besar anak-anak seusia ini memiliki pemahaman yang baik tentang isyarat hewan jika diajar dengan benar.

asuransi hewan tanggung jawab hukum pihak ke 3 - blog jagain.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *