Sudah Merdeka? Cara Merdeka Secara Finansial

Berbicara tentang kemerdekaan, apakah Anda sudah merasa merdeka dengan seluruh aspek kehidupan Anda? Terutama dalam aspek finansial pribadi maupun rumah tangga. Mungkin Anda merasa bahwa semua kebutuhan sehari-hari, bahkan yang tersier, sudah terpenuhi.

Namun apakah Anda memiliki faktor-faktor yang menjamin Anda merasa aman secara finansial?
Nah, tidak ada salahnya dalam rangka merayakan kemerdekaan, kita pun duduk sejenak untuk mengenali sudahkan rumah tangga kita merdeka secara finansial?

Merdeka secara Finansial, adalah waktu di saat seseorang sudah bisa berhasil memenuhi beberapa kebutuhan keuangan dalam hidup antara lain pendidikan untuk anak, persiapan dana ketika Anda sudah pensiun, dan juga asuransi hidup yang sudah terjamin.
Dengan terpenuhinya ketiga kebutuhan tersebut, sudah dipastikan Anda tergolong pada seseorang yang merdeka secara keuangan.

Dengan kata lain, Anda sudah berhasil dalam mengamankan kondisi keuangan Anda dalam hidup dan menjamin kebutuhan keluarga Anda dengan baik. Namun, untuk bisa menuju ke saat Anda merdeka secara keuangan, Anda membutuhkan banyak sekali pengorbanan dan juga hal yang harus Anda lakukan.

Berikut sejumlah langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk bisa menggapai keadaan merdeka secara keuangan seperti yang di bawah ini :

1. Aset

Aset dalam hidup Anda bisa dibagi menjadi beberapa jenis, salah satunya adalah barang Anda sendiri yang bisa dijadikan aset. Bahkan akan jauh lebih baik apabila aset tersebut bisa digunakan dengan baik sehingga bisa membuat pemasukan tambahan untuk keuangan Anda. Salah satu contohnya adalah mobil pribadi Anda. Mobil adalah salah satu aset yang sangat berharga. Salah satu penggunaan aset ini adalah dengan menyewakan pada teman-teman Anda. Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan pemasukan tambahan tanpa harus mengganggu pekerjaan utama Anda. Di sisi lain, Anda pun tentu memiliki aset lainnya. Cobalah cari tahu, yang mana saja aset yang bisa berguna untuk hidup Anda dan aset mana saja yang tidak terlalu berguna, atau bahkan akan lebih baik apabila Anda menjualnya.

2. Bebaskan hidup Anda dari utang

Utang merupakan salah satu hal yang sangat berbahaya, namun mau tidak mau hidup kita memang tidak akan jauh dari sesuatu yang namanya utang. Baik itu utang pribadi pada teman Anda, ataupun utang pada Bank sekalipun. Namun, dalam tahapan menuju kemerdekaan keuangan, salah satu syaratnya adalah dengan membebaskan hidup Anda dari utang piutang.
Terutama utang pada pihak bank yang nantinya bisa menghambat proses hidup Anda menuju kemerdekaan keuangan. Utang kredit merupakan hal yang sudah tidak bisa dijauhkan lagi dari hidup kita, namun alangkah baiknya agar Anda sesegera mungkin menyelesaikan masalah utang piutang tersebut. Hal ini disebabkan karena utang kredit sangat rentan menjadi sebuah masalah baru bagi hidup Anda.

3. Siapkan dana darurat

Dana darurat ini adalah sebuah kegiatan investasi yang sangat penting bagi hidup kita. Hal ini bisa Anda lakukan dengan menabung separuh dari gaji pokok Anda setiap bulan.
Dengan adanya tabungan ini, Anda tidak perlu khawatir lagi apabila sewaktu-waktu membutuhkan dana dadakan dengan jumlah yang cukup besar. Di sisi lain, apabila memang tidak ada kebutuhan mendadak dalam hidup Anda, Anda bisa membuat tabungan dana darurat ini menjadi sebuah tabungan masa depan Anda.

4. Siapkan  Asuransi

Saat ini, asuransi menjadi sebuah hal yang sangat penting untuk dipersiapkan.
Ada banyak sekali jenis dari asuransi, yang ditawarkan oleh berbagai macam perusahaan asuransi. Salah satunya adalah asuransi jiwa. Asuransi jiwa ini sangatlah dibutuhkan oleh orang tua, di mana hal ini bertanggung jawab apabila kematian datang pada Anda. Selain itu, ada pula asuransi kesehatan yang harus Anda persiapkan. Dalam hal ini, seluruh anggota keluarga disarankan memiliki asuransi kesehatan. Hal ini sangatlah berguna di kala salah satu dari anggota keluarga Anda terkena penyakit atau masuk rumah sakit. Potongan biaya yang dihasilkan dari asuransi kesehatan ini sangat lah membantu Anda dalam membayar administrasi pada pihak rumah sakit. Selain itu ada pula asuransi pendidikan, di mana hal ini akan sangat membantu perkembangan anak Anda dalam hal pendidikan. Menjamin masa depan anak pun termasuk salah satu dari syarat menuju kemerdekaan keuangan. Dengan mengajukan asuransi pendidikan untuk anak, Anda sudah berhasil memenuhi salah satu syarat untuk bisa merdeka secara keuangan.

Demikian informasi merdeka secara finansial, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk share artikel ini.

About Jagabot

Broker asuransi online di Indonesia yang memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia dalam memilih Asuransi.
View all posts by Jagabot →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *