Di Rumah Banyak Nyamuk? Coba Cara Ini

Bagi pemilik rumah yang ada tamannya mungkin merasa tidak nyaman disaat musim hujan karena banyak nyamuk. Sebelum mengurangi, bahkan membasmi nyamuk, cobalah untuk mengetahui sumber nyamuk tersebut di taman Anda. Berikut ini beberapa tempat yang bisa Anda “curigai” serta solusi menghilangkan nyamuk di taman.

  1. Nyamuk biasanya bersarang di genangan air yang tenang, atau di sudut-sudut yang gelap di taman. Karena itu, hindari genangan air dari pot, drum, talang air, ember, dan barang-barang lain di taman. Namun, bukan berarti Anda harus mengurungkan niat membuat kolam di taman.
  1. Kolam di taman memang bisa menjadi tempat nyamuk berkembang biak, tapi kolam juga salah satu fitur menarik dari taman. Maka dari itu, daripada menyingkirkan kolam dari taman, sebaiknya buatlah air kolam di halaman tersebut mengalir. Dengan cara ini, kemungkinan nyamuk berkembang biak relatif lebih sedikit. Selain memastikan air tidak tergenang dan adanya aliran air, tempatkan ikan dalam kolam. Ikan akan memakan jentik nyamuk sebelum menetas. Berbagai jenis ikan bisa menjadi “pembunuh” yang efisien bagi jentik nyamuk. Ikan mas atau ikan-ikan kecil yang murah juga cukup efektif.

Baca juga:

Stay at Home Saat Libur Panjang Dengan 8 Aktivitas Berikut
  1. Selain itu, ada beberapa tanaman yang tidak disukai nyamuk yang bisa di tanam di taman Anda. Tanaman pertama adalah bunga lavender (lavandula agustifolia). Tidak hanya dapat menghindarkan rumah Anda dari nyamuk, bunga ini juga sangat cantik. Di balik kecantikannya, terdapat zat linalool dan lynalyl acetate yang tidak disukai nyamuk. Tanaman kedua adalah geranium atau tapak dara (Pelagornium citrosa). Tanaman ini juga mampu mengusir nyamuk karena keharumannya.

    Tanaman ketiga adalah serai wangi (cymbopogon nardus). Tanaman ini mengandung zat geraniol, metilheptenon, terpen, terpen-alkohol, dan asam organik yaitu sitonelal. Singkatnya, kandungan ini tidak disukai nyamuk. Bentuknya yang menjuntai dapat “memenuhi” dan memberikan “volume” pada taman. Tanaman keempat adalah zodia (evadia suaveolens). Zodia memiliki kesamaan dan perbedaan dengan ketiga tanaman sebelumnya. Sama seperti lavender, geranium, dan serai wangi, zodia akan mengeluarkan aroma jika daun-daunnya saling bergesekan. Sayangnya, tanaman ini tidak kuat terkena paparan sinar matahari. Oleh karena itu, tanaman ini lebih cocok dijadikan tanaman indoor. Anda dapat menempatkan tanaman ini di dekat jendela atau ventilasi ruangan.
periindungan demam berdarah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *