Gowes Nyaman dengan 3 Jenis Suspensi Sepeda Gunung

Banyak tipe dan jenis sepeda gunung yang si jual di pasaran. Setiap jenis sepeda gunung memiliki berbeda-beda desain dan juga komponen dan manfaatnya, sesuai dengan kebutuhan. Salah satu komponen yang biasanya lekat dengan sepeda gunung adalah suspensi.

Suspensi ada jenis yang berbeda beda untuk menetukan medan yang cocok untuk sepeda. Tak hanya itu, suspensi juga berpengaruh pada kontrol dan kenyamanan saat bersepeda.

  • Suspensi penuh

    Sepeda dengan suspensi penuh memiliki fork dan shock belakang untuk meredam guncangan. Sepeda dengan suspensi penuh, biasanya digunakan untuk jenis bersepeda teknikal di medan kasar.

    Suspensi depan dan belakangnya mengizinkan pesepeda menjaga kecepatan dan stabilitas ketika melintas di jalur yang sulit. Namun, keunggulannya dalam menempuh medan teknikal juga membuat sepeda dengan suspensi penuh biasanya dibanderol lebih mahal.

Baca juga:

Beda dari Sepeda Lain, 5 Sepeda dengan Harga Selangit
  • Hardtail

    Untuk yang ingin cross country, pilihan terbaik mungkin sepeda gunung dengan suspensi hardtail. Suspensi hardtail ini hanya dibekali dengan fork di depan untuk mengurangi guncangan.

    Sepeda gunung dengan suspensi hardtail biasanya lebih sederhana karena komponen bergerak lebi sedikit, dan perawatannya cenderung lebih mudah dibanding sepeda suspensi penuh. Oleh karena itu, sepeda dengan suspensi hardtail juga biasanya lebih ringan.
  • Rigid

    Ada juga sepeda gunung yang tidak dilengkapi dengan suspensi, namanya rigid. Bagian fork dan rear triangle dari sepeda gunung rigid ini solid, dan tidak memiliki kemampuan meredam guncangan. Rangka sepedanya biasanya terbuat dari bahan steel atau aluminium. Komponen ini membuat sepeda rigid jadi lebih gampang untuk dirawat dan juga harga yang terjangkau.

    Sepeda tanpa suspensi ini bisa jadi pilihan baik ketika melintas di jalan tanah, jalur landai, aspal, atau kerikil. Biasanya model rigid ditemukan pada sepeda dengan ban gemuk. Pesepeda lebih mengandalkan ban untuk menyerap guncangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *