Hal yang Harus Dihindari Saat Memandikan Anjing

Bagi yang memelihara anjing tentunya harus rajin memandikan anjing mereka, ini untuk menghindari beragam macam kuman, bau, dan kotoran dan anjingnya pun terlihat lebih bersih. Tak perlu ke salon khusus hewan peliharaan, memandikan anjing peliharaanmu bisa kamu lakukan secara mandiri. Hitung-hitung untuk menghemat juga.

Berikut beberapa hal yang harus dihindari saat kamu memandikan anjing peliharaan.

  • Tidak cukup mengeringkannya

    Anjing habis mandi tentu perlu dikeringkan, apalagi untuk anjing yang berbulu panjang dan tebal. Untuk anjing seperti itu mengeringkan dengan handuk saja tidak cukup, perlu menggunakan hair dryer atau pengering khusus untuk anjing. Bulu yang tidak kering bisa bikin anjing jamuran.
  • Menyiram air ke telinga

    Saat memandikan anjing, hindari menyemprot kedalam telinga. Supaya tidak ada air yang masuk ke telinga anjing bisa tutup dengan bola kapas. Air yang berlebihan di telinga akan menciptakan lingkungan lembab dan hangat, sehingga sempurna untuk pertumbuhan bakteri dan jamur.

Baca juga:

Beberapa Manfaat Baik Memelihara Kucing
  • Terlalu sering memandikan

    Memandikan anjing secara teratur dan sering mungkin tampak seperti ide yang bagus, tetapi itu justru berbahaya karena bisa mengeringkan kulit mereka, khususnya anak anjing.

    Membasuh anjing dengan sabun berbahaya secara berlebihan akan menghilangkan asam lemak esensial dari tubuhnya. Akibatnya, bulu anjing peliharaanmu akan menjadi kering dan kusam, memengaruhi kulit di bawahnya.
  • Menggunakan sampo manusia atau sabun cuci piring

    Sampo untuk manusia seringkali memiliki tingkat keasaman yang tinggi bagi kulit dan bulu anjing. Tingkat pH kulit anjing berbeda dengan kulit manusia, dan menggunakan sampo manusia dapat mengeringkan bulunya. Pengharum atau bahan kimia yang kuat juga akan berbahaya. Hindari sabun pencuci piring kecuali anjingmu telah berguling-guling dengan racun atau residu berbasis minyak.
asuransi hewan tanggung jawab hukum pihak ke 3 - blog jagain.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *