Hati-hati Berkendara, Cek Lingkungan Sekitar Sebelum Mengemudi

Saat mengendarakan mobil ataupun motor kita semua tentu harus tetap berhati-hati di jalan. Tapi sebelum jalan, kita juga harus membiasakan untuk melihat lingkungan sekitar. Melihat ke belakang atau samping saat ingin mulai menjalankan kendaraan dari posisi berhenti di pinggir jalan. Sering kita temui, pengendara motor yang tiba-tiba masuk ke jalan utama.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana mengatakan, hal yang lumrah ketika dari posisi berhenti, pengemudi harus memastikan kondisi aman yang ada di belakangnya. “Untuk pengemudi mobil, pertama lihat spion untuk memantau kondisi lalu lintas. Sudah aman, nyalakan lampu sein untuk meminta kesempatan masuk lajur sebelahnya,” ucap Sony.

Baca juga:

Mengenal Fungsi Tie Rod pada Kendaraan

Masuk ke jalan utama setelah yakin sudah diberi kesempatan sama pengemudi lainnya. Jangan memaksa dengan alasan sudah menyalakan lampu sein padahal belum diberi kesempatan sama pengendara lainnya. “Jangan anggap remeh prosedur ini, sekalipun lalu lintas dalam kondisi sepi. Untuk motor, jangan berpikir kendaraannya tipis dan risikonya kecil, bahaya tetap bahaya, enggak bisa pilih-pilih,” kata Sony.

Sony mengatakan, mengecek sekitar sebelum berjalan ini sering disepelekan, padahal seharusnya sudah diajarkan sejak awal. Namun karena suka dirasa sepele, jadi suka diremehkan dan dilupakan saat mengemudi. “Menurut saya ini faktor kebiasaan yang harus dibangun sejak dini, bahkan dari sepeda dan menyeberang jalan,” kata dia.

Asuransi mobil terbaik - blog jagain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *