Ini Kebenaran Tentang Bronkitis Bisa Sembuh Tanpa Diberikan Antibiotik?

Blog Jagain – Bronkitis ialah infeksi yang menyerang saluran udara utama paru-paru (bronkus) dan menyebabkannya menjadi teriritasi dan meradang. Sebab penyakit ini disebabkan oleh virus, pemberian antibiotik tak kapabel untuk menyembuhkannya. Yuk, simak penjelasannya lebih lanjut di bawah ini.

Mengetahui Bronkitis dan Penyebabnya

Bronkus ialah saluran udara yang berfungsi untuk membawa udara dari dan menuju paru-paru. Tapi, pada pengidap bronkitis, bronkus mengalami iritasi dan meradang dampak infeksi virus, yang menyebabkan saluran udara hal yang demikian menciptakan lendir lebih banyak dari lazimnya.

Kemudian, tubuh akan mencoba mengeluarkan lendir yang berlebihan ini dengan metode batuk. Itulah kenapa orang yang mengidap bronkitis lazimnya akan mengalami gejala batuk-batuk yang dapat berlangsung selama satu pekan atau lebih.

Bronkitis bisa dibedakan menjadi dua ragam, merupakan bronkitis akut dan bronkitis kronis. Bronkitis akut lazimnya disebabkan oleh infeksi virus. Infeksi paru-paru ini juga dapat disebabkan oleh kuman, namun lebih jarang terjadi. Dalam kebanyakan kasus, bronkitis akut disebabkan oleh virus yang sama yang mengakibatkan pilek atau flu. Walaupun bronkitis kronis, seringkali disebabkan oleh asap rokok, polusi udara, debu, atau gas berbisa dari lingkungan kerja.

Pengobatan Bronkitis

Beberapa besar kasus bronkitis akut bisa sembuh tanpa pengobatan, lazimnya dalam waktu sebagian pekan. Untuk menolong pengerjaan pemulihannya, pengidap disarankan untuk minum banyak cairan dan beristirahat yang cukup.

Oleh sebab beberapa besar bronkitis akut disebabkan oleh infeksi virus, antibiotik tak tepat sasaran untuk menyembuhkannya. Tapi, jikalau dokter mencurigai bronkitis yang kau natural disebabkan oleh infeksi kuman, dia mungkin bisa meresepkan antibiotik. Berikut ini obat-obatan lain yang juga dapat dianjurkan oleh dokter untuk meredakan gejala bronkitis:

  • Obat batuk. Sekiranya batuk sebab bronkitis membikin kau tak dapat tidur, kau dapat mengkonsumsi obat batuk sebelum tidur.
  • Obat lain. Sekiranya kau mempunyai alergi, asma, atau penyakit paru obstruktif kronik (COPD), dokter bisa memberi saran inhaler dan obat-obatan lain untuk mengurangi peradangan dan membuka saluran yang menyempit di paru-paru kau.

Dalam sebagian kasus, gejala bronkitis bisa bertahan lebih lama. Sekiranya gejala berlangsung sampai setidaknya 3 bulan, keadaan ini diketahui sebagai bronkitis kronis. Tak ada pengobatan khusus untuk menyembuhkan bronkitis kronis, namun sebagian perubahan gaya hidup berikut bisa menolong meringankan gejalanya:

  • Mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi;
  • Berolahraga secara rutin; dan
  • Stop mengisap rokok.

Sebagian obat juga bisa dikonsumsi untuk meredakan gejala. Obat-obatan hal yang demikian ialah bronkodilator dan steroid yang bisa diresepkan dalam wujud inhaler atau tablet.

Pengidap bronkitis akut juga bisa menjalani rehabilitasi paru, merupakan program latihan pernafasan di mana terapis akan mengajari kau metode bernafas yang lebih gampang dan meningkatkan kemampuanmu untuk berolahraga.

Antibiotik Tak Tepat Menyembuhkan Bronkitis Akut

Jadi, simpulannya, antibiotik sungguh-sungguh jarang diresepkan untuk mengobati bronkitis akut sebab penyakit paru hal yang demikian lazimnya disebabkan oleh infeksi virus.

Meminum antibiotik untuk mengobati infeksi virus atau dikala tak dibutuhkan, justru bisa membikin seseorang lama-kelamaan menjadi lebih kebal kepada pengobatan antibiotik yang diketahui juga dengan resistensi antibiotik.

Dokter cuma akan meresepkan antibiotik jikalau kau mempunyai peningkatan risiko komplikasi, seperti pneumonia. Antibiotik juga bisa dianjurkan untuk:

  • Bayi yang lahir prematur.
  • Lansia atau orang yang berusia di atas 80 tahun.
  • Orang dengan riwayat penyakit jantung, paru-paru, ginjal, atau hati.
  • Orang yang mempunyai cara kekebalan tubuh yang lemah, yang dapat disebabkan oleh keadaan kesehatan yang mendasarinya.
  • Pengidap fibrosis kistik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *