Inilah 7 Cara Turunkan Kadar Trigliserida

Blog Jagain – Trigliserida yaitu tipe lemak yang awam dalam tubuh. Saja yang kau makan, entah itu sumber makanan hewani atau nabati, mereka mengandung kadar trigliserida dalam darah. Ada banyak tipe lemak, mulai dari lemak tidak jenuh ganda dalam minyak zaitun sampai lemak jenuh dalam daging merah. Segala berkontribusi kepada kadar trigliserida dalam tubuh, tapi dengan sistem yang berbeda.

Trigliserida penting untuk kesehatan, tapi seandainya tingkatnya tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, yang yaitu penyebab utama kematian di sebagian negara. Menurunkan kadar trigliserida dan mengurangi unsur risiko lainnya bisa menurunkan kemungkinan seseorang mengalami penyakit jantung.

Tips Alami Turunkan Kadar Trigliserida

Ada banyak sistem untuk mengurangi kadar trigliserida dengan aman. Sistem terbaik sebetulnya tergantung pada penyebab tingginya kadar trigliserida. Sebagian kiat yang mungkin dapat kau jalani di antaranya:

1. Menurunkan Berat Badan

Tiap-tiap kali kau makan lebih banyak kalori ketimbang yang kau butuhkan, tubuh merubah kalori menjadi trigliserida dan menaruhnya dalam se-sel lemak. Itulah kenapa menurunkan berat badan ialah sistem yang tepat sasaran untuk menurunkan kadar trigliserida darah.

2. Batasi Asupan Gula

Menambahkan gula yaitu komponen besar dari diet banyak orang. Direkomendasikan tiap-tiap orang mengkonsumsi tak lebih dari 6-9 sendok teh gula per hari. Gula tersembunyi terdapat dalam permen, minuman ringan, dan jus buah.

Walaupun gula tambahan dalam makanan diubah menjadi trigliserida yang bisa menyebabkan peningkatan kadar trigliserida darah, bersama dengan unsur risiko penyakit jantung lainnya. Diet rendah karbohidrat dan gula tambahan bisa menyebabkan penurunan trigliserida dalam darah.

3. Diet Rendah Karbohidrat

Sama seperti gula tambahan, karbohidrat ekstra dalam makanan diubah menjadi trigliserida dan disimpan dalam sel lemak. Tak heran seandainya diet rendah karbohidrat dihubungkan dengan kadar trigliserida darah yang lebih rendah.

4. Makan Lebih Banyak Serat

Serat ditemukan dalam buah, sayuran, dan biji-bijian. Sumber serat bagus lainnya bisa ditemukan pada kacang-kacangan dan sereal. Mengkonsumsi serat bisa mengurangi peresapan lemak dan gula di usus kecil, serta menolong menurunkan jumlah trigliserida dalam darah. Diet rendah serat menyebabkan trigliserida melonjak 45 persen dalam enam hari, tapi selama fase serat tinggi, trigliserida turun kembali di bawah tingkat garis dasar.

5. Olahraga Secara Teratur

Kolesterol HDL “bagus” mempunyai kekerabatan terbalik dengan trigliserida darah, artinya kadar kolesterol HDL yang tinggi bisa menolong menurunkan trigliserida. Latihan aerobik bisa meningkatkan kadar kolesterol HDL dalam yang kemudian bisa menurunkan trigliserida darah.

Figur latihan aerobik termasuk berjalan, joging, bersepeda, dan berenang. Manfaat olahraga pada trigliserida paling terang dalam rejimen olahraga bentang panjang. Joging selama dua jam per pekan selama empat bulan menyebabkan penurunan yang signifikan dalam trigliserida darah. Berolahraga dengan intensitas lebih tinggi untuk yang lebih singkat lebih tepat sasaran ketimbang olahraga dengan intensitas sedang untuk waktu yang lebih lama.

6. Hindari Lemak Trans

Lemak trans buatan ialah tipe lemak yang ditambahkan ke makanan olahraga untuk meningkatkan usia simpannya. Lemak trans biasanya ditemukan dalam makanan yang digoreng dan makanan panggang yang dijadikan dengan minyak terhidrogenasi parsial.

Sebab sifat peradangannya, lemak trans dihubungkan dengan banyak persoalan kesehatan, termasuk peningkatan kadar kolesterol LDL “buruk” dan penyakit jantung. Makan lemak trans juga bisa meningkatkan kadar trigliserida darah.

7. Makan Lemak Ikan Dua Kali Seminggu

Ikan berlemak familiar akan manfaatnya bagi kesehatan jantung dan kesanggupan untuk menurunkan trigliserida darah. Ini beberapa besar sebab kandungan asam lemak omega-3, sejenis asam lemak tidak jenuh ganda yang dianggap penting yang diperoleh lewat diet.

Semisal makan ikan salmon dua kali seminggu secara signifikan menurunkan fokus trigliserida darah. Salmon, herring, sarden, tuna, dan mackerel ialah sebagian tipe ikan yang betul-betul tinggi asam lemak omega-3.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *