Jaga Kesehatan dan Tetap Produktif di Rumah

Pandemi COVID-19 sudah berlangsung beberapa bulan dan mengharuskan banyak orang untuk menghabiskan waktu mereka di dalam rumah untuk mengurangi penularan virus corona. Namun demikian, tinggal di rumah tidak selalu mudah.

Selama beraktivitas di rumah, banyak tantangan yang harus dihadapi, menurut Psychology Today, lima (5) tantangan yang dihadapi adalah:

  1. Bergerak
    Salah satu yang perlu kita lakukan sebagain makhluk hidup adalah untuk bergerak, beraktivitas, supaya badan kita sehat. Saat tinggal di rumah, bergerak menjadi tantangan tersendiri karena dibatasi oleh ruang.
  1. Berinteraksi dengan alam
    Saat harus tinggal di rumah, kemungkinan sulit untuk banyak berinteraksi dengan alam, terutama jika tinggal di perkotaan atau daerah yang diberlakukan penguncian ketat. Padahal berinteraksi sama alam sangatlah penting karena membuat badan terasa lebih berenergi, tubuh bergerak dengan lebih mudah, dan suasana hati pun cenderung lebih baik.
  1. Menemukan makna dan tujuan
    Biasanya orang menemukan makna dan tujuan dengan tugas keseharian, hobi, atau dengan berinteraksi dengan orang lain. Tapi ini akan menjadi lebih susah jika kita harus diam di rumah.
  1. Kehilangan orientasi waktu
    Saat harus berada di rumah, akan mudah sekali untuk kehilangan struktur, termasuk orientasi waktu. Tidak ada lagi jam yang jelas dan pekerjaan-pekerjaan pun kemungkinan dapat ditunda karena jadwal bisa lebih fleksibel.
  1. Hubungan sosial
    Kita semua membutuhkan hubungan dengan manusia lain. Saat tinggal di rumah, interaksi dengan manusia lain pun menjadi sangat terbatas. Kondisi ini dapat berdampak pada suasana hati dan kehidupan diri secara umum.

Baca juga:

Kapan Kita Harus Minum Air demi Kesehatan

Untuk tetap menjaga kesehatan diri saat berada di rumah, ada sejumlah hal yang dapat dilakukan, yaitu:

  1. Memakan makanan dengan gizi seimbang
    Perbanyak sayuran dan buah. Sebab, berbagai manfaat kesehatan dapat diperoleh dari kandungan yang ada dalam sayuran dan buah.
  1. Berolahraga
    Untuk menjaga kesehatan di rumah, penting untuk tetap berolahraga, sangat dianjutkan minimal 30 menit per hari.
  1. Tidur yang cukup
    Pertahankan rutinitas tidur yang benar dan cukup saat di rumah.
  1. Tetap berhubungan sosial
    Jaga hubungan sosial dengan orang lain, terus berkomunikasi dengan untuk menjaga kesehatan mental kita.
  1. Melakukan kegiatan yang menyenangkan
    Isolasi dan karantina memungkinkan orang untuk melakukan hal-hal atau hobi baru, seperti berkebun, memasak, menjahit, membaca buku, atau lainnya. Melakukan kegiatan yang menyenangkan membuat Anda dapat menghindarkan rasa bosan selama berada di rumah.
  1. Tetap menjaga kebersihan rumah
    Menjaga kebersihan rumah juga penting untuk dilakukan. Selain menciptakan kenyamanan, rumah yang bersih juga lebih aman, terutama saat pandemi ini.
Simas Jiwa - Siji Health 1 - Blog Jagain.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *