Jangan Telat Ganti Ban, Perhatikan Indikator Ini

Ban merupakan komponen yang penting untuk kendaraan bermotor seperti sepeda motor atau mobil. Oleh karena itu, ban harus selalu dalam kondisi yang baik agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Ada baiknya di saat ganti ban untuk memperhatikan, melihat dan memahami tanda atau kode waktu yang tepat. Terkadang orang masih saja salah kaprah, menunggu ban botak baru kemudian dilakukan penggantian.

Indikator waktu untuk mengganti ban juga sudah di berikan dari pihak pabrikan ban dengan tanda khusus. Tanda tersebut dalam bentuk segitiga yang disebut dengan TWI (Trade Wear Indicator).

Trainee Sentul Driving Course, Setia Purnama, menjelaskan, jika pada setiap ban kendaraan memang telah diberikan tanda TWI. Tanda tersebut pada ban bisa ditemukan pada sisi samping ban atau side wall. Tanda tersebut umumnya terdiri dari enam TWI pada side wall.

Baca juga:

Apa Arti Ukuran Ban Mobil?

“Tanda tersebut berbentuk sebuah segitiga. Biasanya bentuknya kecil ada ada beberapa buah tanda pada setiap sisi ban. Segitiga TWI menandakan adanya atau Wear Bar di bagian telapak ban yang posisinya segaris dengan segitiga TWI tersebut,” jelasnya.

Pemilikin kendara bisa mengetahui kapan perlu mengganti ban dengan menarik garis lurus dari tanda TWI di side wall ke tengah ban. Akan terdapat tonjolan yang disebut dengan wear bar yang terletak ada pada alur ban dan mempunyai ketinggian sekitar 1,6 mm sampai 1,8 mm dari permukaan telapak ban.

Bilamana, tonjolan atau wear bar tersebut sudah telah sejajar dengan telapak ban, maka di sinilah waktu yang tepat untuk ban harus dilakukan penggantian. Artinya ban dalam penggunaannya telah sampai pada batas maksimal.

“Harus segera diganti jangan menunggu sampai ban botak, malah akan bahaya saat digunakan,” pungkasnya.

asuransi mobil diskon 25% - blog jagain.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *