Kebiasaan yang Bisa Menyebabkan Penyakit Tipes

Demam tifoid atau yang sering disebut dengan penyakit tipes disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi yang biasanya berasal dari lingkungan atau kebiasaan yang tidak higienis. Jika Anda mengalami demam tifoid, Anda bisa merasakan gejala, seperti badan yang lemah, lelah, diare, demam tinggi, hingga sakit tenggorokan.

Selalu berhati-hati dalam memilih dan mengkonsumsi makanan dan minuman untuk menghindari penyakit tipes memang baik, tapi ternyata ada beberapa kebiasaan yang bisa juga menyebabkan tipes. Berikut beberapa kebiasaan itu:

Baca juga:

Disaat Musim Hujan, Berikut 7 Macam Penyakit yang Sering Muncul
  1. Jajan sembarangan

    Risiko Anda terkena tipes akan meningkat jika Anda suka jajan sembarangan. Bakteri penyebab demam tifoid biasanya hidup di dalam air yang terkontaminasi dengan feses, dan bisa menempel pada makanan atau minuman yang Anda konsumsi akibat jajan sembarangan.
  1. Tidak menjaga kebersihan makanan

    Mengonsumsi ikan atau makanan laut lainnya yang berasal dari air yang sudah terkontaminasi tinja/urine yang terinfeksi bakteri penyebab tipes, juga bisa membuat Anda mengidap tipes.

    Parahnya lagi, meskipun hal ini kurang umum, bakteri Salmonella typhi bisa bertahan pada urin orang yang terinfeksi dan bisa menyebarkan infeksi ke orang lain.
  1. Mengonsumsi air minum yang kotor

    Air minum kita tanpa kita sadari bisa juga terkontaminasi bakteri dan kotoran yang bisa menyebabkan Anda terinfeksi dengan tipes. Hal ini juga harus diperhatikan bila Anda suka jajan minuman dingin. Es batu yang digunakan untuk mendinginkan minuman, masih bisa membawa bakteri penyebab tipes.

Baca juga:

Tetap Waspada DBD di Musim Hujan dan Kenali Gejalanya
  1. Menggunakan toilet yang kotor

    Bakteri Salmonella typhi masih bisa bertahan sekalipun berada di tinja orang yang terinfeksi. Nah, jika Anda menggunakan toilet yang tercemar tinja penderita tipes dan tidak dibersihkan secara menyeluruh, Anda yang tadinya sehat-sehat saja juga bisa terinfeksi.

Sebaiknya segera ketemu dokter jiga ada gejala tipes, jika tipes yang Anda alami sudah parah dan lebih serius, usus bisa mengalami perdarahan dan berlubang.

Dalam dunia medis, kondisi ini disebut sebagai perforasi usus. Perforasi usus dapat menyebabkan isi usus bocor ke rongga perut, menimbulkan infeksi hingga fatal akibatnya.

Asuransi Tipus Online Terbaik - Blog Jagain.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *