Keluar Rumah saat Pandemi, 5 Kelalaian yang Perlu Diperhatikan

Salah satu aturan yang di terapkan saat awal-awal pandemi COVID-19 adalah untuk tidak terlalu sering keluar rumah agar kita tidak tertular dengan virus Corona.

Tentunya semua orang tidak bisa tinggal di rumah saja selama berbulan-bulan atau mungkin sampai satu tahunan dan mulai lah diterapkan new normal dimana kita sudahm diperbolehkan beraktivitas di luar rumah dengan mematuhi protokol kesehatan. Sebagian orang sudah mulai bekerja dan membuka usahanya.

Sejumlah tempat yang tadinya tutup seperti tempat wisata dan pusat perbelanjaang juga sudah mulai dibuka. Namun perlu diingat protokol-protokol yang harus kita diikuti saat berada diluar rumah karena COVID-19 belum berlalu.

Dilansir dari Times of India, setidaknya ada lima kelalaian yang bisa memperbanyak risiko Anda tertular wabah Covid-19 saat keluar rumah, dan karena itu jangan sampai Anda lakukan. Apa saja?

  1. Keluar tanpa masker, alcohol pembersih tangan dan tisu

Pengunaan masker sangatlah penting. Mau jauh atau dekat, lama atau sebentar, pakailah masker wajah yang menutupi mulut dan hidung.

Bawa juga cairan alcohol pembersih tangan atau hand sanitizer dan tisu, terutama tisu basah untuk sanitasi tangan atau permukaan. Ingat, orang yang kita temui bisa saja termasuk Orang Tanpa Gejala (OTG) dan menyebarkan wabah corona.

Baca juga:

Penggunaan Masker Saat Bersepeda, Apakah Aman?
  1. Menganggap remeh virus corona

Dengan new normal, rutinitas kita mirip dengan rutinitas sebelum pandemi dan terkadang bisa membuat kita lupa atau menganggap remeh, padahal itu tidak berarti bahwa pandemi corona tidak lagi menjadi ancaman.

Jadi, sangatlah penting untuk mempraktikkan semua tindakan yang dianjurkan untuk mencegah pencemaran virus corona seperti menjaga jarak sosial dan menggunakan masker.

  1. Berbelanja yang Tidak Perlu

Sekarang ini, termasuk di Indonesia, mal-mal atau pusat perbelanjaan sudah dibuka kembali. Jalan-jalan ke mal setelah di rumah terus selama beberapa bulan sangatlah menggoda. Dorongan untuk belanja juga sangatlah tinggi.

Tapi harap di ingat, prioritas pertama Anda saat pandemi haruslah memiliki kondisi finansial yang stabil sehingga Anda dapat mengurus semua biaya medis atau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Jadi, tak usah membeli barang yang tidak atau kurang diperlukan.

  1. Menyentuh sembarangan barang

Dikarenakan virus corona bisa bertahan di permukaan, kita harus berhati-hati terhadap apa yang kita sentuh di luar ruangan maupun ruang publik. Apalagi dengan new normal dan banyak orang yang kembali ke pekerjaan mereka, sekarang bukan saatnya untuk bersikap masa bodoh ketika harus menyentuh permukaan benda.

  1. Berhenti update berita seputar pandemi corona

Terus-menerus mengkuti dan mendengar berita tentang virus corona bisa bikin kita stres karena melihat angka kematian yang meningkat tidaklah menghibur.

Ini bukan berarti anda tidak mengakses berita tentan virus corona sama sekali. Sediakan waktu luang setiap hari untuk mengetahui tentang berita Covid-19 terbaru, tidak perlu cek berita setiap saat.

asuransi rumah tanpa survey - blog jagain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *