Kenapa Adopsi Hewan Lebih Baik Daripada Membeli?

Banyak orang yang mencari hewan peliharaan bingung antara adopsi atau beli hewan dari peternak hewan. Kebanyakan memang lebih memilih untuk membeli karena mereka mencari jenis-jenis tertentu atau mau hewan yang masih kecil.Sebaiknya adopsi dari shelter atau membelinya saja di peternak hewan? Jadi sebaiknya adopsi atau beli?

Ada baiknya mengetahui tentang kelebihan populasi hewan di ibu kota Indonesia, DKI Jakarta, sebelum memutuskan metode yang diinginkan. Menurut data Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta melalui tempo.com pada 15 November 2018 lalu. DKI Jakarta dinyatakan overpopulasi kucing. Terdapat kurang lebih 30.000 ekor kucing. Populasi ini dianggap terlalu besar.

Sama kasus nya dengan anjing, malah populasi anjing lebih besar dari kucing. Dinas Pertanian dan Peternakan Gianyar Bali mengungkapkan kepada Tribun pada 3 September 2018 bahwa populasi anjing di Gianyar saja sudah mencapai 70.000. Peningkatan populasi setiap tahun sebesar 3–5%. Pegawai dinas mengungkapkan, anjing paling banyak dibuang di area pasar, tempat pembuangan sampah, dan semak-semak.

Data diatas mungkin sudah bisa meyakinkan beberapa pencinta binatang untuk mengadopsi, tapi untuk membuat Anda semakin yakin, simak yuk beberapa alasan dari Adopsi.org tentang kenapa adopsi lebih baik daripada membeli.

Baca juga:

Beberapa Manfaat Sehat Memiliki Hewan Peliharaan
  1. Kamu Telah Menyelamatkan Hidup Hewan Itu
    Kebanyakan orang ingin mempunyai hewan peliharaan yang lucu dan bersih, dan stigmannya adalah untuk mempunyai hewan peliharaan seperti itu, harus membelinya dari peternak hewan. Pemahaman inilah yang membuat rendahnya tingkat adopsi di tempat penampuangan hewan (shelter). Padahal jumlah kucing atau anjing liar yang harus di rawat di shelter terus bertambah setiap tahunnya.
    Saat anda mengadopsi, anda membantu mengurangi over populasi hewan liar. Jika banyak orang yang mendaposi, tentunya akan mengurangi dengan signifikan jumlah hewan liar.
  2. Karena cinta tak dapat dibeli, lihatlah pandangan sayang dari hewan peliharaan lucu yang Anda adopsi
    Setelah mengadopsi, anda kemudian akan merawat dan menyayangi nya dengan tulus, jadikan mereka bagian dari keluarga. Hewan akan merasakan kasih sayang ini dan mereka pun akan mendapatkan kepercayaan dan kasih sayang dari hewan peliharaan anda karena mereka merasa berterima kasih.
    Memiliki hewan peliharaan juga sangat bermanfaat untuk anda. Ini karena memelihara binatang memiliki manfaat bagi kesehatan yakni mengurangi tingkat stres. Hal ini diantaranya terlihat dari menurunkan tekanan darah, pernafasan lebih teratur, dan otot menjadi rileks.
  3. Hewan yang Siap Adopsi Biasanya Sudah Dirawat dan Ditraining dengan Baik.
    Tidak hanya di peternakan hewan, anjing dan kucing di shelter juga sudah di latih dengan baik. Ini akan membuat anda mejadi lebih mudah untuk merawat hewan pilihan anda. Bagaimana dengan kesehatan hewan? Hewan yang siap diadopsi biasanya telah dipastikan kondisi kesehatannya oleh pihak shelter. Pihak shelter telah melakukan vaksinasi, microchipping dan bahkan spaying jika diperlukan. Jika kucing atau anjing merasa stres atau depresi setelah di adopsi, jangan khawatir, ini karena mereka belum terbiasa dengan lingkungan barunya.
  4. Adopsi Anjing Tentu Lebih Hemat Dibandingkan Membelinya di Peternak
    Jika membeli hewan dari peternak, mereka biasa memiliki patokan harga tergantung jenis hewan dan kondisinya. Biasa dari harga ratusan ribu sampai puluhan juta. Ketika Anda adopsi hewan dari shelter Anda tak perlu menggelontorkan dana sebesar itu. Dana yang Anda keluarkan sebagai adoption fee bisa dibilang sebagai sumbangan bagi shelter untuk menyelamatkan lebih banyak hewan liar tak bertuan diluar sana.

Dengan perawatan dan nutrisi yang cukup selama Anda rawat. Anjing atau kucing yang Anda adopsi juga bisa sebagus seperti hewan yang dijual diluar sana, bahkan terkadang bisa lebih bagus.

Jadi tunggu apalagi? Memelihara hewan bukan dengan jalan membeli pada penjual diluar sana adalah keputusan terbaik yang bisa Anda ambil. Demi kebaikan Anda, keluarga, dan hewan itu sendiri. Dengan mengadopsi Anda berarti memberikan kesempatan kedua bagi kucing lucu atau anjing pintar di shelter untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

Jangan membeli dari para peternak yang jual kucing diluar sana. Save lives, get loves! #Adoptdontshop

asuransi hewan - blog jagain.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *