Kepala Sakit Saat Bangun Tidur ? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Blog Jagain – Apakah kau tak jarang merasa sakit kepala atau mengeluh kepala terasa amat berat dikala bangun tidur? Bila iya, simak penjelasan berikut perihal beragam kemungkinan penyebab sakit kepala dikala bangun tidur, sekalian metode menuntaskannya.

Padahal tak senantiasa membahayakan, sakit kepala atau pusing dikala bangun tidur dikala bangun tidur dapat mengganggu aktivitasmu sepanjang hari. Sakit kepala ini mungkin saja membuatmu bangun dari tidur atau seketika terasa sesudah bangun tidur. Sakit kepala lebih lazim terjadi pada pukul 4-8 pagi, karena pada dikala itu, tubuh memproduksi lebih sedikit hormon yang menolong meredakan nyeri secara natural.

Berbagai Penyebab Sakit Kepala dikala Bangun Tidur

Sebagian situasi yang dapat menjadi penyebab sakit kepala dikala bangun tidur merupakan:

1. Kesusahan bernafas dikala tidur (sleep apnea)

Sleep apnea merupakan gangguan yang menyebabkan pernafasan penderitanya terhalang atau terimpit selama sebagian detik dikala tidur. Hal ini menyebabkan kadar oksigen dalam otak berkurang, sehingga memicu seseorang sakit kepala dikala bangun tidur.

Sebagian gejala sleep apnea merupakan mendengkur keras, sesak nafas dikala tidur, tak jarang terbangun dari tidur, berkeringat dikala tidur dan kelelahan dikala bangun tidur.

2. Insomnia

Kurang tidur yang disebabkan oleh insomnia juga bisa memicu sakit kepala. Ketika insomnia, kwalitas dan jam tidur akan berkurang. Hal inilah yang menyebabkan kepala terasa sakit dikala bangun tidur.

3. Migrain

Migrain atau sakit kepala pada satu sisi juga dapat menjadi salah satu penyebab sakit kepala dikala bangun tidur. Sakit kepala sebab migrain dapat kian terasa pada pukul 4-8 pagi.

4. Adat menggemeretakkan gigi (bruxism)

Padahal menonjol simpel, budaya menggeretakkan gigi dikala tidur dapat menjadi penyebab sakit kepala dikala bangun tidur. Hal ini dikarenakan budaya hal yang demikian akan membikin kwalitas tidur menjadi berkurang.

5. Stres

Ketika stres, sebagian orang cenderung memilih untuk mengalihkan perhatian dengan metode tidur. Tapi, tak selamanya tidur dapat menjadi pelarianmu dari permasalahan yang sedang dihadapi. Stres bisa menurunkan kwalitas tidurmu, sehingga kau akan bangun dengan sakit kepala.

Sistem Memecahkan Sakit Kepala dikala Bangun Tidur

Mengalami sakit kepala dikala bangun tidur tentu amat tak nyaman. Jangan cemas, ada sebagian metode untuk menuntaskannya:

1. Menjaga kwalitas tidur

Kau dapat menjaga kwalitas tidur dengan mewujudkan suasana tidur yang kondusif, minum air putih sebelum tidur, mematikan gadget, dan menerapkan humidifier.

Untuk kau yang mungkin menderita sleep apnea, tidur dengan posisi miring dapat berguna untuk menjaga kwalitas tidurmu dan mengurangi sesak nafas. Kecuali itu, penting bagi kau untuk mencukupi waktu tidur, sekitar 7-9 jam per hari.

2. Kurangi stres

Sistem yang bisa kau lakukan untuk mengurangi stres yang sedang kau natural merupakan rutin olahraga, melaksanakan meditasi, dan bercerita terhadap orang terdekat. Bila stres yang kau rasakan telah kian parah dan mengganggu, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan psikolog.

3. Lakukan teknik relaksasi

Menjalankan teknik relaksasi sebelum tidur berguna untuk membikin tidurmu lebih lelap dan menghindarkanmu dari sakit kepala dikala bangun tidur. Teknik relaksasi yang dapat kau lakukan merupakan meditasi dan yoga.

4. Hindari mengkonsumsi terlalu banyak kafein sebelum tidur

Mengkonsumsi terlalu banyak kafein sebelum tidur akan membuatmu susah tidur, serta menyebabkan tidurmu jadi tak lelap. Kafein dapat kau temukan dari kopi, teh, atau coklat. Kecuali itu, kau juga sebaiknya menghindari makan berat sebelum tidur.

Sakit kepala dikala bangun tidur bisa dituntaskan dengan metode-metode di atas. Tapi seandainya sakit kepala yang kau natural tak kunjung mereda atau disertai gejala lain, sebaiknya seketika periksakan diri ke dokter supaya bisa dikenal penyebabnya dan ditangani dengan pas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *