Ketahui 9 Manfaat Asuransi Perjalanan untuk Liburan Nyaman

Liburan selalu menjadi momen menyenangkan dalam hidup, entah itu liburan bersama teman, keluarga, pasangan, atau pun melakukan perjalanan liburan sendirian. Liburan menjadi momen untuk rehat sejenak dari sibuk dan penatnya aktivitas sehari-hari sehingga diharapkan kita bisa lebih segar setelah kembali dari liburan. Biasanya kita menggunakan transportasi untuk pergi ke tempat tujuan liburan maupun saat tinggal di tempat tujuan liburan. Penggunaan transportasi ini memiliki risiko yang dapat membuat liburan menjadi tidak menyenangkan, seperti misalnya kecelakaan, barang hilang, atau risiko-risiko buruk lain selama perjalanan. Oleh karena itu, penting untuk memiliki asuransi perjalanan online saat merencanakan akan bepergian seperti halnya saat liburan.

Kewajiban Memiliki Asuransi Perjalanan

Di negara – negara maju, seperti negara-negara Eropa dan Amerika, asuransi perjalanan menjadi hal wajib yang harus dimiliki oleh para turis sebelum mengunjungi negara-negara tersebut. Di Indonesia sendiri, masih banyak turis asal Indonesia yang masih belum mengetahui pentingnya asuransi perjalanan. Padahal asuransi perjalanan tidak hanya bermanfaat bagi diri sendiri, melainkan juga bermanfaat untuk orang-orang sekitar dan juga rumah serta segala sesuatunya di dalamnya yang ditinggalkan selama bepergian. Secara umum, asuransi perjalanan memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda dengan asuransi biasa. Hanya saja, asuransi perjalanan berlaku untuk jangka waktu tertentu yakni selama bepergian hingga kita kembali ke rumah.

Baca JugaTips Berkendara yang Aman

Jenis Asuransi Perjalanan

Jenis asuransi perjalanan pun ada banyak, dan yang paling sering dijumpai adalah jenis asuransi perjalanan internasional. Biasanya asuransi ini mencakup perlindungan risiko medis dalam kurun waktu yang telah ditentukan. Selain asuransi perjalanan internasional, asuransi perjalanan tahunan juga bisa menjadi pilihan. Asuransi ini mencakup perjalanan domestik dan internasional dengan berbagai keperluannya dalam jangka waktu satu tahun.

Selain manfaat tersebut, secara umum manfaat-manfaat asuransi perjalanan yang perlu diketahui adalah sebagai berikut:

  1. Asuransi yang mengurus kecelakaan selama dalam perjalanan. Biasanya asuransi akan dibayarkan untuk risiko kematian, kehilangan anggota badan, atau kelumpuhan total.
  2. Jika terjadi kecelakaan pada saat di pesawat terbang komersil yang terjadwal, santunan asuransi perjalanan untuk kecelakaan pribadi akan digandakan.
  3. Manfaat pengobatan darurat, yakni asuransi yang mencakup biaya pengobatan mahal ketika kita jatuh sakit saat jauh dari rumah.
  4. Biaya pemulangan jenazah, biasanya terdapat tiga pilihan yakni biaya pemulangan jenazah atau biaya kremasi atau penguburan di lokasi kematian.
  5. Manfaat kematian untuk satu orang keluarga atau kerabat yang tinggal bersama atau melakukan perjalanan bersama selama dirawat di luar negeri.
  6. Penawaran bantuan fasilitas evakuasi medis selama 24 jam dalam keadaan darurat di seluruh dunia.
  7. Asuransi perjalanan untuk melindungi kehilangan dan kerusakan bagasi, baik untuk barang-barang di dalam bagasi maupun barang-barang yang kita pakai selama perjalanan, serta ganti rugi untuk keterlambatan bagasi lebih dari 12 jam.
  8. Penawaran perlindungan untuk penundaan perjalanan atau keterlambatan transportasi lebih dari 12 jam, serta biaya akomodasi dan makan – minum karena penundaan perjalanan.
  9. Penawaran perlindungan rumah kosong yang ditinggal bepergian karena rusak akibat kebakaran

Baca JugaPentingnya Memiliki Asuransi Kecelakaan Diri

Perlindungan asuransi perjalanan yang ditawarkan tentunya berbeda-beda untuk setiap perusahaan asuransi. Maka dari itu, sebelum melakukan perjalanan kita harus melakukan riset dengan menanyakan kejelasan peraturan asuransi perjalanan tentang hal-hal apa saja yang diurus untuk melindungi kita dari risiko selama bepergian. Kita juga bisa menyesuaikan penawaran asuransi dengan kebutuhan saat bepergian. Asuransi perjalanan diperlukan untuk mengurangi risiko yang terjadi saat kita liburan sendiri ataupun rombongan. Asuransi perjalanan membantu kita untuk bepergian atau liburan dengan rasa aman dan nyaman karena risiko-risiko buruk yang terjadi saat bepergian lebih terlindungi.

Cek kebutuhan Asuransi Perjalanan anda di Jagain.com

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya : 

About Jagabot

Broker asuransi online di Indonesia yang memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia dalam memilih Asuransi.
View all posts by Jagabot →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *