Keuntungan Menggunakan BBM yang Direkomendasikan

Kebanyakan produsen otomotif akan memberi rekomendasi bahan bakar minyak (BBM) yang paling cocok untuk kendaraan yang Anda beli. Ini dilakukan supaya performa kendaraan Anda maksimal. Selain itu, ini juga untuk memastikan supaya tidak terjadi masalah pada mesin kendaraan Anda. Beberapa masalah mesin karena BBM yang tidak cocok seperti gejala knocking atau sering dikenal dengan istilah “mesin ngelitik” dalam waktu panjang.

Sebagai contoh, rekomendasi penggunaan BBM pada mobil murah (low cost green car/LCGC) yang disarankan menggunakan minimal oktan atau research octane number (RON 92), atau mobil dan motor jenis lainnya. Menurut Service Head Auto2000 Bekasi, Sapta Agung Nugraha, mengatakan, menggunakan BBM sesuai rekomendasi bertujuan untuk kesempurnaan proses pembakaran di dalam ruang bakar.

Baca juga:

Ukuran Ban Yang Cocok Untuk Toyota Avanza

“Mesin mobil zaman sekarang memiliki rasio kompresi yang tinggi. Apabila menggunakan BBM dengan RON rendah yang mudah terbakar, maka BBM tersebut akan terbakar sebelum busi memercikan api dan sebelum piston secara sempurna mencapai titik teratas,” ucap Sapta saat dihubungi Kompas.com, Minggu (20/9/2020). Apabila penggunaan BBM-nya tidak sesuai, lanjut dia maka akan sangat mudah sekali terjadi gejala ngelitik pada mesin, sehingga perfoma atau kinerja mesin menjadi kurang maksimal. “Jadi disarankan apabila pabrikan sudah merekomendasikan penggunaan BBM yang ditentukan, maka sebaiknya diikuti agar kondisinya tetap optimal,” kata Sapta. Mesin mobil ngelitik adalah situasi ketika pembakaran pada mesin tidak berjalan normal. Bahan bakar seharusnya terbakar dalam waktu yang telah ditentukan sesuai siklus mesin. Jika tidak sesuai, maka ngelitik akan muncul saat pembakaran.

asuransi mobil diskon 25% - blog jagain.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *