Kolesterol Naik ? Begini Tips Makan Enak Tanpa Perlu Khawatir

Blog Jagain – Ketika merayakan Idulfitri, lazimnya tersaji bermacam makanan lezat yang sayang untuk dilewatkan. Tetapi, sebab makanan hal yang demikian biasanya diciptakan dari daging sapi, dan santan, yang membikin kuatir akan kandungan kolesterolnya.

Oleh sebab itu, penting untuk membatasi asupan makanan dikala perayaan hari raya agar tak terjadi efek samping untuk kesehatan. Sistem supaya tubuh konsisten sehat dan kadar kolesterol konsisten normal, kau seharusnya dapat meniru sebagian kiat makan sehat berikut dikala merayakan Idulfitiri bersama keluarga.

Coba Pilih Satu Saja Ragam Makanan Tinggi Kolesterol

Pertama-tama, kau seharusnya mencoba memilih salah satu saja menu hidangan dikala lebaran yang tinggi kolesterol. Contohnya dikala lebaran hari pertama, kau dapat memilih cuma makan opor ayam saja. Jangan makan opor ayam, semur daging, dan rendang di satu hari berbarengan. Pasalnya ketiga menu ini sama-sama mempunyai banyak lemak yang memengaruhi naiknya kadar kolesterol dalam darah.

Makan dengan Porsi Kecil

Tidak cuma memilih satu tipe makanan saja selama satu hari, kau perlu memerhatikan porsi makan. Pasalnya, bermacam tipe makanan, sekalipun itu sedap dan sehat, bisa menyebabkan penumpukan kalori yang berpotensi akan diubah menjadi lemak berlebih di dalam tubuh. Apalagi apabila makanan yang dikonsumsi tinggi kolesterol, karenanya kau dapat menikmati efek samping negatifnya dengan pesat. Kesudahannya, perayaan Idulfitri kau bahkan terganggu.

Ganjal Perut dengan Minum Air Putih atau Susu

Kau juga dapat menyiasati naiknya kolesterol dikala lebaran dengan minuman air putih atau susu sebelum makan besar. Air putih dapat menolong kau merasa konsisten kembung, dan penelitian yang dimuat dalam Nutrition Journal tahun 2011 memperlihatkan, konsumsi 20 gram protein kasein yang terdapat pada susu membuatmu merasa lebih kembung dikala diminum 30 menit sebelum makan besar. Sehingga, porsi makan yang dikonsumsi menjadi lebih sedikit sebab efek kembung masih dinikmati.

Perbanyak Kesibukan Fisik

Kecuali mengontrol asupan makanan, kau perlu rutin mengerjakan kegiatan lahiriah untuk mencegah naiknya kadar kolesterol dalam darah. Salah satu tipe kegiatan lahiriah yang ringan dan dapat dijalankan dengan rutin ialah berjalan kaki.

Berdasarkan penelitian yang dijalankan di Universitas Harvard, aktivitas rutin berjalan kaki selama 30 sampai 45 menit dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah sebanyak 10 persen. Kau dapat mengawali hal ini dengan berjalan kaki santai memutari komplek sekitar rumah sebelum dan selama Idulfitri supaya kadar kolesterol konsisten terjaga.

Konsumsi Infused Water Lemon

Apabila kau susah menolak makanan dengan santan, karenanya pastikan untuk lebih-lebih dulu mengkonsumsi minuman dengan kandungan buah lemon, seperti infused water. Minuman infused water dengan tambahan irisan lemon akan menjadikan rasa asam yang diyakini menolong menyingkirkan lemak jenuh yang masuk ke dalam tubuh.

Kecuali ini juga dapat menolong menjaga kadar kolesterol. Kecuali lemon, kau juga dapat mengkonsumsi buah-buahan yang diketahui bisa menolong menurunkan kadar kolesterol seperti, pisang, apel, jeruk, dan stroberi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *