Kunjungi 6 Tempat Wisata Menarik di Klaten

Banyak warga Indonesia yang sudah pernah berwisata ke Yogyakarta atau Kota Solo karena disana memiliki beragam destinasi. Seperti tempat rekreasi, wisata edukasi, hingga wisata alam banyak ditemukan di dua daerah ini. Namun siapa sangka, terdapat wisata yang tak kalah menarik di Kabupaten Klaten.

Klaten merupakan kabupaten yang terletak di antara Solo dan Yogyakarta. Meskipun kecil, Klaten menyimpan destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan. Seperti beberapa wisata candi yang mempunyai banyak nilai sejarah dan kebudayaan, ada Candi Prambanan, Candi Sewu, dan Candi Plaosan.

Bukan hanya itu, wisata Klaten juga mempunyai destinasi alam yang menyegarkan. Anda bisa mengunjungi beberapa umbul atau tempat pemandian dengan mata air murni.

Berikut beberapa tempat wisata yang dapat dikunjungi:

  1. Umbul Ponggok

    Rekomendasi pertama adalah Umbul Ponggok, ini adalah destinasi wisata khas kabupaten Klaten. Umbul Ponggok merupakan kolam pemandian air tawar dengan mata air asli yang sangat jernih.

    Dengan air yang jernih, kalian bisa lihat ikan-ikan hias yang hidup di dalamnya. Selain itu tempat wisata ini bisa menjadi tempat foto yang Instagrammable karena ada berbagai macam foto prop unik.

    Kolam pemandian ini mempunyai ketinggian yang tidak terlalu dalam sehingga masih ramah untuk anak-anak. Bagi yang tertarik, Anda bisa mengunjungi Umbul Ponggok di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah.

Baca juga:

Berani Jalan-jalan Melihat 100 Tanaman Mematikan?
  1. Umbul Manten

    Destinasi wisata selanjutnya yang merupakan kolam permandian juga adalah Umbul Manten. Namun berbbeda dengan umbul Ponggkon,, di umbul manten Anda tidak akan menemui ikan-ikan hias seperti di Ponggok. Melainkan, Anda akan menemui beberapa pohon besar yang tumbul di sekeliling umbul manten ini.

    Beberapa pohon besar yang tumbuh di sekeliling umbul tersebut, sering dikaitkan dengan cerita-cerita angker. Konon, memang terdapat cerita legenda yang cukup menyeramkan di balik penamaan umbul manten ini. Meskipun begitu, tempat wisata ini masih sering dikunjungi oleh beberapa wisatawan sehingga Anda juga bisa mengunjunginya jika penasaran.
  1. Umbul Kapilaler

    Tempat wisata air selanjutnya adalah umbul Kapilaler. Wisata air ini dapat Anda kunjungi tepatnya di Dukuh Umbulsari, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Letak umbul ini memang tidak jauh dari Umbul Ponggok, yaitu sekitar 500 meter.

    Umbul Kapilaler juga mempunyai suasana sejuk karena terdapat pohon beringin besar yang meneduhkan. Dengan begitu, Anda bisa menikmati jernihnya mata air umbul kapilaler ini tanpa khawatir terbakar sinar matahari yang panas.
  1. Candi Prambanan

    Wisata selanjutnya adalah candi, lebih tepatnya candi Prambanan. Tempat wisata ini tidak asing untuk banyak orang karena memang terkenal. Seperti diketahui, Candi Prambanan merupakan tempat wisata bersejarah yang mempunyai nilai budaya tinggi. Anda bisa melihat langsung bangunan candi yang tinggi dan berbagai macam arca bersejarah di dalamnya.

    Untuk tiket masuk, Anda akan dikenakan biaya sekitar 30.000 rupiah per orang. Namun pada hari libur atau libur nasional, biasanya biaya tiket masuk akan lebih besar.

    Selain menjelajahi kompleks candi, Anda juga bisa menonton pertunjukkan Sendratari Ramayana dengan jadwal yang telah ditentukan. Biasanya pertunjukan ini akan dilaksanakan di malam hari dengan tampilan panggung yang menawan.

Baca juga:

6 Pantai Indah di Karawang yang Wajib Anda Kunjungi
  1. Candi Sewu

    Candi yang satu ini masih di area Candi Prambanan maka bisa berkunjung ke dua candi sekaligus.

    Di sini, Anda akan menjumpai bentuk candi yang cukup simetris dengan candi utama berada di tengah, dan dikelilingi oleh Candi Pengapit dan Candi Prawara di keempat sisinya. Runtuhan batuan yang terdapat di sekitar candi juga menambah keunikan tersendiri. Ini bisa menjadi salah satu tempat untuk mendapatkan foto-foto menarik jika Anda berkunjung ke Candi Prambanan.
  1. Candi Plaosan

    Candi yang terakhir juga lumaya dekat dengan Candi Prambanan, sekitar 1 kilometer.

    Di sini, terdapat dua kompleks candi, yaitu Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul. Di kedua kompleks ini, Anda masih disuguhkan dengan runtuhan batuan candi yang unik serta tentu saja beberapa bangunan candi dan patung arca di dalamnya.
asuransi travel annual - blog jagain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *