Manfaat Rajin Bersepeda untuk Kesehatan

Dari tahun lalu saat pandemi COVID-19 mulai menyebar di Indonesia, banyak masyarakat yang mulai bersepeda. Sampai saat ini, ada juga ada beberapa yang rutin bersepeda untuk menjaga imunitas dan kesehatan mereka. Olahraga secara rutin bisa bantu menghindari berbagai macam masalah kesehatan dan olahraganya bisa apa saja, tidak cuma bersepeda.

Bersepeda itu olahraga yang mudah dilakukan dan juga praktis. Setiap hari bersepeda selama 30 menit bisa bantu menjaga kesehatan tubuh. Manfaat bersepeda juga banyak sebenarnya, bukan hanya itu saja, seperti: 

  1. Menurunkan risiko diabetes

Diabetes penyakit yang sangat umum tapi juga bisa menjadi penyakit yang paling bahaya dan susah sembuh. Jaman sekarang bukan hanya orang dewasa yang bisa terkena diabetes, tapi anak kecil juga bisa. Biasanya orang memiliki diabetes karena pola hidup yang tidak sehat. Kurang berolahraga dan makanan juga tidak dijaga. Sepeda bisa membantu menurunkan risiko diabetes.

Baca juga:

Aman Bersepeda dengan Tips Berikut
  1. Menjaga kesehatan jantung

Bukan hanya menurunkan risiko diabetes saja tapi berolahraga sepeda juga bisa bantu meningkatkan dan menjaga kesehatan jantung. Olahraga kardio ini mampu meningkatkan kinerja jantung, paru-paru, dan sistem sirkulasi darah. Melakukan aktivitas bersepeda secara rutin juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, menguatkan otot jantung, dan menurunkan tekanan darah

  1. Menurunkan stress

Saat ini siapa sih yang tidak stress, apalagi saat sedang berada di tengah pandemi. Tidak usah khawatir, bersepeda juga bisa membantu menurunkan stress level kamu lho. 

Saat bersepeda, tubuh akan mengeluarkan hormon yang disebut endorfin. Hormon ini memicu rasa nyaman dan suasana hati yang positif. Selain itu, endorfin juga bisa mengurangi rasa sakit. Kondisi inilah yang membuat penurunan tingkat stres dalam tubuh akan makin terasa.

  1. Menjaga berat badan

Baca juga:

Akan di Tambah Fasilitas untuk Pengguna Sepeda non-Lipat di MRT Jakarta

Sama seperti olahraga lainnya, sepeda juga bisa membantu kamu menjaga berat badan yang ideal jika rajin dilakukan. Ini karena olahraga bisa membantu meningkatkan metabolisme badan kamu. Tapi kamu juga harus menjaga makanan juga, kurangi makanan yang kurang sehat.

  1. Meningkatkan kekuatan otak

Olahraga bersepeda telah berulang kali dikaitkan dapat menyehatkan otak dan pengurangan perubahan kognitif yang dapat membuat kita rentan terhadap demensia di kemudian hari.

Menjaga kesehatan itu sangat penting, dan bersepeda adalah salah satu cara yang bisa membantu kamu untuk menjaga kesehatan. Tapi jangan lupa juga untuk jaga sepedamu juga yah. Salah satunya dengan membeli asuransi sepeda. Saat ini sudah ada beberapa asuransi yang menawarkan asuransi sepeda, bisa dilihat di beberapa marketplace asuransi seperti aplikasi Jagain. Kamu tinggal isi data, dan nanti pilih produk asuransi yang paling cocok untuk kamu, gampang kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *