Memilih Asuransi Kendaraan Bermotor Yang Tepat

Asuransi kendaraan bermotor – Asuransi kendaraan bermotor syariah kini makin populer di kalangan masyarakat terutama bagi masyarakat yang ingin menerapkan nilai-nilai hukum Islam di setiap aspek kehidupannya. Asuransi dengan sistem syariah memang memiliki beberapa perbedaan dengan asuransi konvensional. Seperti misalnya diterapkannya sistem bagi hasil dan juga premi yang dibayarkan menjadi milik nasabah seutuhnya tanpa dipotong ini itu oleh perusahaan asuransi. Tidak heran makin banyak orang yang ingin mengasuransikan kendaraannya dengan sistem syariah karena bisa ikut serta dalam memberikan perlindungan pada kendaraannya dengan sistem yang sesuai dengan ajaran agama. Agar asuransi Anda maksimal, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa diperhatikan dalam memilih asuransi kendaraan syariah.

Asuransi sudah terawasi oleh DPS

DPS atau Dewan Pengawas Syariah adalah badan resmi yang melakukan pengawasan pada lembaga-lembaga keuangan yang menerapkan sistem syariah termasuk asuransi kendaraan bermotor syariah. Memilih asuransi yang sudah diawasi oleh badan resmi yang memiliki kapabilitas untuk hal tersebut tentunya akan membuat Anda merasa lebih aman dalam mendapatkan fasilitas perlindungan asuransi syariah yang lebih maksimal.

Jenis perlindungan asuransi kendaraan

Pada umumnya, ada dua jenis asuransi kendaraan bermotor syariah yang tersedia yaitu asuransi TLO atau Total Loss Only, dan asuransi All Risk. TLO adalah perlindungan untuk kerusakan kendaraan dengan tingkat lebih dari 75% dan juga kehilangan baik perampasan atau pencurian. Sedangkan All Risk adalah tanggungan asuransi yang lebih menyeluruh bahkan kerusakan kecil sekalipun. Mana yang paling pas dengan kondisi dan resiko Anda. Misalnya Anda tinggal di daerah yang rawan bencana alam maka bisa memilih All Risk.

Hak dan kewajiban nasabah asuransi

Masing-masing perusahaan asuransi kendaraan bermotor syariah punya ketentuan dan juga keuntungan yang berbeda-beda. Maka dari itu baca dengan teliti polis yang akan Anda beli sesuai dengan premi yang dipilih untuk memaksimalkan perlindungan terhadap kendaraan sesuai dengan tingkat resiko dan juga lingkungan Anda. Asuransi berbasis syariah bisa jadi perlindungan yang menguntungkan apabila pemilik polis paham benar dengan hak dan kewajiban yang berkaitan dengan perusahaan asuransi yang dipilih.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :

About Jagabot

Broker asuransi online di Indonesia yang memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia dalam memilih Asuransi.
View all posts by Jagabot →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *