Mengatur Keuangan di Bulan Puasa di Tengah Pandemi

Bulan Ramadhan itu salah satu periode dimana pengeluaran bertambah, dan ini kedua kalinya umat Muslim menjalankan ibadah puasa dan lebaran di tengah pandemi COVID-19. Dengan pengeluaran yang besar di periode ini tapi ada perubahan di sektor ekonomi karena adanya pandemi, tentunya banyak orang yang perlu berpikir lama untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Di saat dimana kebanyakan orang pengeluarannya bertambah untuk kebutuhan THR, infak dan zakat, kue lebaran, kenaikan harga barang dan lain-lain tapi banyak juga yang kehilangan pekerjaan atau penurunan gaji karena pandemi, pengaturan keuangan itu sangatlah penting.

Baca juga:

Jagain E- wallet payment

Nah, ada beberapa cara untuk mengatur keuangan supaya kondisi finansial kita tetap sehat. Simak dulu, yuk!

Selalu pastikan bahwa pondasi keuangan Anda sehat dengan mengatur kembali gaya hidup supaya lebih hemat dengan penghasilan yang ada. “Harus mengatur gaya hidup sesuai dengan penghasilan yang ada, karena secara logika pengeluaran menurun karena nggak ada transportasi, makan di luar dan hiburan,” jelas Budi Rahardjo, seorang pengatur keuangan.

Penting juga untuk menentukan prioritas utama dan menahan diri untuk konsumtif. “Kalau takut impulsive buying di tempat perbelanjaan, kita bisa membuat daftar belanjaan untuk menghindari membeli hal-hal yang tidak penting,” saran pengatur keuangan bernama Lolita Setyawati. Ada baiknya juga setelah menentukan prioritas untuk belanja di awal karena mendekati Lebaran, biasanya harga-harga kebutuhan pokok akan naik. Maka, Lolita menyebut, ada beberapa kebutuhan pokok yang telah bisa dicicil dari sebelum Bulan Ramadhan.

Baca juga:

Jauhkan Utang dengan 5 Kebiasaan ini di Saat Pandemi

Untuk menyambut biasanya banyak perusahaan yang mengadakan promosi dan banyak orang yang gampang tergiur promosi. Berhati-hatilah dalam memanfaat promo yang bermunculan karena banyak promo ini justru dapat merugikan kamu. Gunakan atau ikuti promo jika itu adalah kebutuhan prima yang memang harus kamu beli atau miliki.

Tips yang terakhir adalah hindari mengambil dana darurat. Banyak dari kita memiliki tabungan berbeda untuk dana darurat, hindari mengambil dana dari tabungan itu karena penting untuk memikirkan bahwa di masa yang serba tidak pasti ini, kamu bisa saja tiba-tiba kehilangan pendapatan.

Jika Anda ada waktu luang atau memiliki hobi yang bisa kamu jual, jadikan itu sebagai pendapatan ekstra. Saat ini banyak yang mengunduh video di YouTube menunjukan hobi atau keterampilan mereka yang bisa dijadikan kerja sampingan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *