Mengenal Asuransi Mobil All Risk & TLO

Mobil menjadi aset yang berharga karena untuk membelinya dibutuhkan modal yang tidak sedikit. Tidak hanya untuk pembeliannya, namun untuk perawatannya pun juga membutuhkan biaya yang cukup besar dan harus dilakukan secara rutin. Perawatan rutin yang dilakukan ini akan percuma jika Anda tidak melindungi mobil yang dimiliki dengan asuransi. Sebab tidak ada perlindungan yang bisa digunakan untuk melindunginya dari kecelakaan. Anda akan menelan kerugian jika sampai terjadi kecelakaan hal itu dikarenakan biaya penanganan mobil ini memakan biaya yang besar terlebih lagi jika kerusakan yang dialami cukup parah.

Asuransi Mobil All Risk

Asuransi mobil ini terdapat dua macam yaitu all risk dan juga TLO. Pada dasarnya kedua jenis asuransi ini berbeda, sehingga Anda harus bisa membedakan mana asuransi yang benar-benar Anda butuhkan apakah all risk maupun TLO. Sebelum membahas tentang asuransi TLO, akan dibahas terlebih dahulu apa itu asuransi mobil all risk. Sesuai dengan namanya asuransi ini akan menanggung semua risiko yang terjadi pada mobil Anda. Khusus untuk mobil baru asuransi all risk ini sangat cocok karena selain kondisi mesin masih prima body mobil juga masih mulus.

Ada beberapa pihak asuransi yang menyertakan syarat dan ketentuan yang diberlakukan bagi nasabah salah satunya adalah tahun keluaran atau produksi mobil tersebut. Pihak asuransi tidak mau menanggung risiko jika ada mobil keluaran lama yang ingin mengikuti asuransi ini karena untuk perawatan dan penanganannya akan membutuhkan biaya yang lebih banyak dibandingkan dengan yang keluaran terbaru. Karena akan menanggung semua kerusakan dari yang kecil sampai terparah maka tidak mengherankan jika premi dari all risk ini jauh lebih mahal dibandingkan dengan TLO.

BACA JUGA : 3 Pertimbangan Membeli Polis Asuransi Mobil All Risk Mobil Bekas

Asuransi TLO

Selain asuransi all risk ada jenis asuransi TLO. Khusus TLO ini premi yang dibayarkan oleh nasabah lebih ringan dibandingkan dengan all risk. Khusus untuk TLO ini bisa digunakan untuk mobil keluaran lama dan juga keluaran baru. Perbedaan dari kedua asuransi ini selain dari biaya premi adalah risiko yang ditanggungnya. TLO hanya akan memberikan klaim jika kerusakan yang dialami oleh mobil pihak tertanggung lebih dari 75 persen. Sedangkan permintaan klaim untuk kerusakan kecil dimana angkanya di bawah 75 persen tidak akan bisa dikabulkan. Mobil yang hilang pun bisa dijamin dengan asuransi ini dengan catatan nilai maksimalnya 75 persen dari harga mobil saat mengajukan klaim, hal itu dikarenakan harga mobil bisa mengalami penyusutan setiap tahunnya.

Perluasan Perlindungan

Ada beberapa hal yang tidak bisa ditanggung oleh kedua asuransi ini kecuali jika Anda menambahkan perluasan perlindungan. Perluasan perlindungan tersebut adalah bencana alam seperti tsunami, gempa bumi, dan banjir. Perluasan perlindungan dari kerusuhan dan lain sebagainya. Jika mobil mengalami kerusakan atau hilang akibat hal tersebut dan Anda tidak mengambil perluasan perlindungan maka Anda tidak bisa mengajukan klaim.

Demikianlah pengertian dan fungsi dari asuransi mobil all risk dan TLO yang penting Anda ketahui, semoga informasi ini bermanfaat.

BACA JUGA : Perlindungan Asuransi Mobil All Risk Meliputi Apa Saja?

, , ,

About Jagabot

Broker asuransi online di Indonesia yang memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia dalam memilih Asuransi.
View all posts by Jagabot →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *