Mengenal Fungsi Tie Rod pada Kendaraan

Satu kendaraan memiliki berbagai macam komponen yang mempunyai fungsi sendiri disesuaikan dari sistem yang ada pada mobil. Setiap mobil yang bergerak tidak bisa lepas dari komponen bagian dalam yang mengatur sistem kerjanya.

Salah satu komponennya adalah tie rod mobil adalah yang terletak antara steering gearbox dan knuckle roda. Memiliki bentuk memanjang yang berfungsi menghubungkan antara ujung steering rack dan roda bagian depan pada mobil.

Dengan kata lain jika alat inilah yang bertugas menjadi penghubung pada bagian kemudi mobil dengan bagian rodanya. Tie rod memiliki banyak varian yang bisa anda sesuaikan dengan jenis kendaraan itu sendiri. Dengan kata lain, bentuknya memang tergantung dari sistem kemudi dan jenis yang anda gunakan.

Baca juga:

Jangan Lupa Cek Ini Saat Berkendara di Musim Hujan

Ada dua macam jenis mobil yang menggunakan steering rack. Antara lain rack end dan tie rod end. Rack end memiliki jenis alat yang langsung terhubung dengan kemudi mobil.

Sedangkan pada jenis kedua yaitu tie rod end terpasang langsung terhubung bersama tempat roda mobil. Keduanya memiliki peranan yang cukup penting pada kendaraan, bedanya hanya dalam segi bentuk.

Tie rod pada sistem kemudi memiliki fungsi yang cukup penting. Hal ini mampu membuat mobil bisa melaju dengan stabil dan mudah untuk anda kendalikan.

Perhatikan setiap komponen dan berikan perawatan terbaik. Seperti halnya komponen pada bagian kemudi yang memiliki fungsi dan cara kerja sehingga berpengaruh pada keselamatan saat berkendara. Bagi anda yang belum paham akan komponen tersebut, berikut ulasannya. Fungsi tie rod antara lain:

  • Meneruskan Putaran Roda Kemudi

    Fungsi pertama tie rod mobil yang bisa anda tahu yaitu mampu meneruskan putaran roda kemudi. Dengan begitu, roda mobil depan akan ikut bergerak ketika kemudi digerakkan. Saat anda memutar kemudi gerakan tersebut tie rod akan mengkonversikan menjadi gerakan menarik atau mendorong roda. Dengan begitu, roda depan dapat bergerak dan berkelok sesuai gerak kemudi.

Baca juga:

Berbagai Macam Kendaraan Listrik, dari Mobil Sampai Kereta
  • Menghubungkan Steering Gearbox dan Cakram Roda

    Fungsi tie rod lainnya yaitu sebagai penghubung steering gearbox dan cakram roda/wheel knuckle.

    Sehingga menghasilkan gerakan roda selaras dengan putaran kemudi. Padahal pada sistem kemudi terdapat dua jenis tie rod yang digunakan. Namun, keduanya dapat terhubung dengan hanya memutar kemudi mobil saja.
  • Mengatur Selisih Toe

    Selain itu, fungsi tie rod juga untuk mengatur selisih toe. Toe itu sendiri merupakan istilah untuk menyebut jarak antara roda depan dengan sisi belakang.

    Ada dua toe pada mobil, yaitu toe in serta toe out. Fungsinya mencegah keausan ban yang tidak merata.

Cara Kerja Tie Rod

Jika melihat dari fungsinya, kesimpulan cara kerja tie rod yaitu meneruskan gerakan pada bagian kemudi. Sehingga ketika batang setir berputar, maka akan terjadi pergerakan menarik atau mendorong dari steering gear box.

Fungsi dan cara kerja tie rod mobil cukup penting untuk sistem keselamatan saat mengemudi. Maka dari itu, selalu cek kondisi semua komponen kendaraan secara rutin.

asuransi mobil diskon 25%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *