Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah Saat Pandemi

Di saat pandemi COVID-19 seperti sekarang, meningkatkan imunitas tubuh dan menjaga kesehatan sangatlah penting. Selain mengatur pola makan, olahraga yang cukup juga penting. Olahraga sebaiknya dilakukan setiap hari, setidaknya 30 hingga 40 menit.

Dokter kecantikan dan Social Entrepreneur Sonia Wibisono menyarankan memilih olahraga yang ringan dan bisa dilakukan di rumah.

“Lebih baik memang olahraga di rumah saja. Kalau bisa di rumah ya di rumah. Pilihannya ada treadmill tapi jalan cepat saja, atau menggunakan sepeda statis. Lalu ada yoga, meditasi, atau stretching, pilih yang kalem-kalem saja tapi baik untuk pernapasan,” ujarnya dalam Ngobrol Santai Bisnis.com, Jumat, 14 Agustus 2020.

Sebaliknya, Sonia meminta masyarakat untuk menghindari olahraga berat, apalagi ketika harus dilakukan di luar rumah karena olahraga berat bisa menyebabkan cedera dan olahraga di luar perlu dilakukan dengan menggunakan masker yang bisa mengganggu pernapasan.

Baca juga:

Tips Mencari Asuransi COVID-19 yang Baik

Sangat penting untuk diingat bahwa olahraga yang bagus adalah olahraga yang konsisten. Jangan terlampau lama atau terlalu berat, lalu besoknya berhenti, tetapi lakukanlah secukupnya dan rutin setiap hari. Kalau mau naik sepeda pun tidak masalah, yang penting jika di luar rumah harus mengenakan masker.

“Daripada lari, lebih baik jalan cepat saja. Itu pun bisa membakar kalori yang penting teratur agar jantung bisa berdenyut dengan baik,” ujarnya.

Setelah berolahraga, jangan lupa untuk mengonsumsi air putih. Setiap hari, setidaknya rutin minum air putih 2,5 liter, perbanyak mengonsumsi buah dan sayur, atau jika mau bisa juga minum jamu seperti jahe atau kunyit yang baik untuk stamina.

“Kalau saya suka vitamin C, D, dan Zinc yang bagus untuk daya tahan tubuh agar tubuh tidak lemas,” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *