Pahami 5 Pengecualian Dalam Asuransi Perjalanan

Travelling adalah hal yang menyenangkan. Setiap orang menyukai aktivitas ini, mengunjungin tempat-tempat baru, mencoba kuliner baru yang belum pernah dicicip sebelumnya,
dan menelisik budaya unik di daerah-daerah baru yang belum pernah dikunjungi tentu sangat mengasyikkan. Berwisata ria menjadi semakin menyenangkan dan aman manakala sobat memproteksi diri anda dengan asuransi. Dengan menjadi peserta asuransi perjalanan, kegiatan travelling anda menjadi jauh lebih aman dan nyaman. Namun, ada hal-hal yang patut anda perhatikan.

Menggunakan asuransi perjalanan memang baik. Asuransi berfungsi untuk meminimalisir resiko selama dalam perjalanan wisata kita.
Namun tidak semua hal menjadi tanggungan asuransi.
Apabila 5 hal ini terjadi pada anda selama berwisata, maka asuransi tidak akan mengkover bahkan oleh asuransi perjalanan terbaik sekalipun.

Kejadian yang disebabkan Pengaruh Alkohol dan Obat-Obatan
Perusahaan asuransi rata-rata tidak akan menerima klaim dari pesertanya yang mengalami musibah akibat penyalahgunaan obat-obatan dan alkohol.
Misalnya, ketika anda minum-minuman beralkohol saat di hotel. Kemudian dalam keadaan setengah sadar, anda ingin ke toilet, sayangnya anda tidak memperhatikan langkah kaki anda,
sehingga anda terpelesat dan tangan anda patah.Karena musibah tersebut disebabkan oleh alkohol sehingga hilang kesadaran, maka pihak asuransi tidak menerima klaim yang diajukan oleh peserta.

Ada Unsur Kesengajaan
Jangan salah, meskipun kejadian seperti ini sangat jarang ditemui, namun ada saja kasus kecelakaan yang disengaja. Pihak perusahaan akan melakukan investigasi, jika hasilnya ada unsur kesengajaan, maka pihak asuransi pasti akan menolak klaim yang diajukan.
Misalnya, ada seseorang yang dengan sengaja menjatuhkan dirinya dari loteng, berharap akan mendapatkan uang asuransi, namun meskipun mengalami patah tulang, klaim yang diajukan kemungkinan besar ditolak.

Unsur Force Majeure Seperti Huru-Hara, Perang, dsb tidak diKover
Selama travelling kamu tidak akan tahu apa yang akan terjadi di tempat yang anda kunjungi. Seandainya anda sedang berada di Prancis, kemudian secara tidak sengaja ada ratusan orang yang berdemo menuntut keadilan HAM, maka sebaiknya anda menyingkir. Jika anda sampai terluka karena kejadian demo, maka pihak asuransi akan menolak klaim yang anda ajukan. Selain demo, kejadian besar yang menimpa anda namun tidak diterima klaimnya adalah huru-huru dan situasi perang.

 

Kejadian Sebelum Perjalanan Tidak Dilindungi Asuransi
Apabila anda sakit sebelum melakukan perjalanan traveling, dan dokter anda menyarankan untuk beristirahat maka patuhilah.
Jangan karena sudah tidak bisa menahan keinginan untuk traveling, mengesampingkan kesehatan anda.
Jika anda nekat dan ternyata jatuh sakit selama perjalanan wisata, dan semakin bertambah parah,
maka klaim yang akan anda ajukan ke pihak asuransi kemungkinan besar akan ditolak karena anda tidak menghiraukan anjuran dokter.

Hamil atau Keguguran Tidak di Proteksi
Hindari melakukan perjalanan apabila anda berada dalam kondisi hamil. Apabila terjadi sesuatu bahkan hingga keguguran, pihak asuransi bisa jadi akan menolak klaim anda. Maka konsultasikan terlebih dahulu keperluan anda kepada pihak asuransi sebelum melakukan perjalanan dan pilih asuransi yang sesuai jangan hanya dari preminya yang murah saja.

Dengan memahami klausul perkecualian diatas, anda lebih nyaman dan mengerti kejadian apa saja yang dilindungi dan tidak bisa di klaim untuk asuransi perjalanan.

About Jagabot

Broker asuransi online di Indonesia yang memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia dalam memilih Asuransi.
View all posts by Jagabot →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *