Pengenalan Singkat Mengenai Jenis Asuransi Kendaraan Bermotor

Ada banyak contoh Kasus Asuransi Kendaraan Bermotor yang dapat Anda jadikan sebagai patokan atau pun contoh sebelum menggunakan layanan asuransi kendaraan bermotor itu sendiri. Namun sebelum memperhatikan bagaimana contoh kasus yang dimilikinya, akan lebih baik apabila Anda mengenal beragam jenis asuransi kendaraan bermotor itu sendiri terlebih dahulu, seperti halnya yang akan penulis jelaskan berikut ini.

Mengenal asuransi kendaraan bermotor

Asuransi kendaraan bermotor itu bisa Anda dapatkan apabila Anda selaku pemilik kendaraan melakukan perjanjian dengan pihak layanan asuransi  untuk melakukan pembayaran iuran asuransi atau premi yang umumnya dilakukan dalam jangka waktu per tahun. Dari pembayaran iuran tersebut maka pihak asuransi pun wajib untuk memberikan jaminan bagi kendaraan yang Anda miliki atau kendaraan yang telah Anda asuransikan tersebut.

Baca juga :  Pentingnya Memiliki Asuransi Kecelakaan Diri

Jenis asuransi untuk kendaraan bermotor itu sendiri dapat dibagi menjadi beberapa bagian yang tentunya berkaitan pula dengan contoh Kasus Asuransi Kendaraan Bermotor itu sendiri. Ingin tau apa saja? Berikut penjelasannya :

  1. Asuransi Comprehensive / all risk

Jenis asuransi yang satu ini berkaitan dengan jenis pertanggung jawaban yang tentunya harus ditanggung oleh pihak penyedia asuransi pada kendaraan yang telah diasuransikan, bentuk jaminan yang diberikannya pun terdiri dari jaminan kerusakan ringan, hingga jenis kerusakan berat, termasuk jaminan akan kehilangan kendaraan. Apabila kendaraan yang Anda miliki mengalami kerusakan walau sedikit, maka pihak asuransi tetap akan menanggung biaya yang dibutuhkan untuk melakukan perbaikan.

  1. Asuransi TLO atau Total Loss only

Berbeda dengan jenis asuransi di bagian atas tadi, untuk jenis asuransi yang satu ini umumnya hanya diberikan apabila terjadi kehilangan pada kendaraan yang telah diasuransikan  atau pun jaminan untuk kecelakaan dengan tingkat kerusakan parah hingga mencapai hitungan lebih dari 75% dari harga kendaraan itu sendiri.

Dengan kata lain, jenis asuransi Comprehensip atau all risk ini adalah jenis layanan asuransi yang umumnya digunakan pada kendaraan umum atau mobil penumpang,. Berbeda halnya dengan jenis asuransi TLO yang lebih banyak digunakan pada kendaraan angkutan barang atau bahkan sepeda motor. Karena itulah setiap bentuk hal yang berkaitan dengan bentuk kecelakaan, atau bahkan kerusakan yang diakibatkan oleh kedua hal tersebut pun tentunya masuk ke dalam contoh Kasus Asuransi Kendaraan Bermotor yang berbeda pula.

Baca juga : Tips Merawat Sepeda Agar Tetap Nyaman di Gunakan

About Jagabot

Broker asuransi online di Indonesia yang memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia dalam memilih Asuransi.
View all posts by Jagabot →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *