Pengertian Asuransi Kecelakaan Diri yang Penting untuk Diketahui

Pengertian Asuransi Kecelakaan Diri – Angka kesadaran asuransi di masyarakat Indonesia masih rendah, hal tersebut terbukti dengan masih sedikitnya masyarakat yang tergabung dengan asuransi, padahal asuransi ini sangat penting untuk memberikan perlindungan bagi diri sendiri dan juga anggota keluarga. Selain asuransi jiwa dan kesehatan masih ada satu lagi asuransi yang penting dimiliki yaitu kecelakaan diri. Asuransi ini penting dimiliki bagi yang memiliki pekerjaan berat sehingga harus menanggung risiko kerja yang berat. Memang tidak ada yang tahu kapan kecelakaan itu terjadi namun dengan memiliki asuransi setidaknya anda bisa bekerja dengan lebih aman dan tenang karena memiliki perlindungan diri. Dibandingkan dengan yang tidak memiliki asuransi kecelakaan diri, orang yang memiliki asuransi kecelakaan diri ini jauh lebih produktif.

Apa itu Asuransi Kecelakaan Diri?

Memang asuransi kecelakaan diri ini tidak setenar dengan asuransi kesehatan maupun jiwa, namun dalam praktiknya asuransi ini bisa melindungi pekerja dari kecelakaan diri yang bisa terjadi kapan pun dan dimana pun. Pengertian asuransi kecelakaan diri yang kurang diketahui di tengah-tengah masyarakat membuat kesadaran untuk mengikuti asuransi ini juga sedikit. Lalu apa itu asuransi kecelakaan diri? Asuransi kecelakaan diri adalah asuransi yang memberikan jaminan atas kematian, cacat tetap, dan biaya-biaya perawatan atau pengobatan akibat adanya suatu kecelakaan yang datang dengan tiba-tiba, akibat kekerasan, dan lain sebagainya. Kecelakaan tersebut menimbulkan luka badan yang mana harus ditentukan dengan ilmu kedokteran.

Seperti Apa Kecelakaan Diri Itu?

Untuk bisa melakukan klaim ke pihak asuransi nasabah harus memenuhi faktor-faktor yang disebut dengan kecelakaan diri. Berikut ini adalah beberapa faktor yang bisa disebut sebagai kecelakaan diri dan bisa mengajukan klaim ke pihak asuransi:

Datang Tiba-Tiba

Datangnya sumber kecelakaan tersebut harus tiba-tiba namun jika akibatnya timbul beberapa saat setelah kecelakaan itu terjadi maka akan tetap bisa dijamin oleh pihak asuransi.  Asuransi memberlakukan yang namanya waiting period selama 12 bulan sehingga timbul kematian dan cacat tetap.

Datang Dari Luar

Yang dimaksud dengan kecelakaan diri berasal dari luar bukan dari dalam. Hal inilah yang membedakan asuransi kesehatan dengan kecelakaan diri. Jika penyebab kematiannya adalah penyakit maka tidak bisa untuk melakukan klaim.

Disertai dengan Kekerasan

Datangnya sumber kecelakaan ini harus disertai dengan kekerasan baik itu kimiawi seperti racun maupun kekerasan fisik seperti benturan.

Terlihat

Kecelakaan diri harus terlihat dan tidak boleh fiktif seperti akibat guna-guna.

Demikianlah pengertian asuransi kecelakaan diri dan beberapa faktor yang disebut dengan kecelakaan diri, semoga informasi ini bermanfaat. Jika Anda membutuhkan atau ingin membeli produk asuransi kecelakaan diri, maka carilah perusahaan asuransi yang terpercaya, salah satunya adalah JAGAIN.COM.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :

About Jagabot

Broker asuransi online di Indonesia yang memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia dalam memilih Asuransi.
View all posts by Jagabot →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *