Pengertian Asuransi Properti

Walaupun tidak banyak dikenal publik, asuransi properti (asuransi rumah) telah cukup dikenal dan banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Peristiwa ini terjadi karena tingginya kesadaran masyarakat tentang risiko kerugian dan juga bencana alam yang bisa saja terjadi kapan pun dan dimana pun.

Asuransi properti ini sendiri adalah asuransi yang memberikan perlindungan terhadap kerugian akibat terjadinya kerusakan yang terjadi ke properti anda, yang diakibatkan oleh bencana alam (Kebakaran, Petir, Ledakan, Kejatuhan Pesawat Terbang, Asap bahkan Banjir, Badai, Angin Topan, Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi, dan Tsunami), Kerusakan Akibat Kebakaran, Pembongkaran, Kerusuhan, Pemogokan, Perbuatan Jahat dan Huru Hara, Terorisme dan Sabotase.

Sungguh fungsional bukan? Bayangkan saja seandainya di suatu waktu properti (rumah) anda terkena kebakaran atau huru hara. Target huru hara nya orang lain, rumah kita yang kena. Mau marah sama siapa coba?

Disinilah asuransi properti sangat berguna untuk anda. Dengan memiliki asuransi properti, maka segala bentuk resiko kerugian yang muncul akibat berbagai hal yang disebutkan di atas, akan ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi. Dengan begitu, Anda bisa tenang dan merasa nyaman karena aset Anda memiliki perlindungan maksimal yang akan menghindarkan Anda dari rasa khawatir dan bahkan ketakutan akan hal-hal tersebut.

Tentunya Anda harus tahu cara kerja asuransi properti, sebelum memutuskan untuk membelinya. Contoh:  Pak Ronald memiliki sebuah properti rumah 1 tingkat dengan luas bangunan 200 meter persegi, dengan nilai pertanggungan rumah sebesar Rp 1.000.000.000.

Nilai pertanggungan akan didapatkan dengan cara, menjumlahkan: Biaya pembangunan kembali + Aset yang didaftarkan dan dipertanggungkan dalam asuransi properti.

Contoh:

Biaya pembangunan kembali = 200 meter persegi x Rp 4.000.000 per meter =                   Rp 800.000.000

Aset yang didaftarkan = Rp 200.000.000

Total = Rp 800.000.000 + Rp 200.000.000 = Rp 1.000.000.000

Yang berikutnya anda harus lakukan adalah mencari asuransi yang tepat untuk properti anda. Hal ini terjadi dikarenakan tidak semua asuransi mencakup semua perluasan perlindungan. Bingung? Susah? Ribet? Jagain aja! Hanya di Jagain.com anda dapat memilih asuransi yang anda inginkan dengan premi terendah! Anda cukup akses ke Jagain.com, kemudian memilih asuransi properti lalu akan muncul berbagai pilihan asuransi yang bebas anda pilih sesuai dengan kebutuhan anda.

 

Cek kebutuhan asuransi anda hanya di Jagain.com

About Jagabot

Broker asuransi online di Indonesia yang memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia dalam memilih Asuransi.
View all posts by Jagabot →

1 thought on “Pengertian Asuransi Properti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *