Pengertian Asuransi Untuk Kendaraan Bermotor

Kendaraan menjadi sebuah aset yang memiliki value tinggi. Namun yang harus Anda ketahui di sini adalah kendaraan yang tidak terawat dengan baik nilainya akan menjadi turun, terlebih lagi jika terjadi kecelakaan yang membuat kerusakan parah tentu hal tersebut akan membuat Anda mengalami kerugian finansial yang tidak sedikit. Selain itu perbaikan yang tidak tuntas juga akan menyebabkan kendaraan bermotor nilainya menjadi turun yang mana sering dikarenakan keterbatasan finansial yang dimiliki. Oleh sebab itulah asuransi untuk kendaraan bermotor ini sangat penting dimiliki.

Apa itu Asuransi untuk Kendaraan Bermotor?

Asuransi kendaraan bermotor adalah salah satu jenis asuransi yang berfungsi untuk melindungi kendaran bermotor dari beberapa risiko yang bisa menyebabkan kerugian dan juga kerusakan. Penyebab yang sering terjadi akibat benturan, terbalik, tergelincir dari jalan, perbuatan jahat dari orang lain, kendaraan bermotor dicuri oleh orang lain, tersambar petir, dan masih banyak lagi lainnya.  Semua hal tersebut dijamin oleh perusahaan yang mengeluarkan asuransi kendaraan bermotor tersebut. Meski begitu ada beberapa hal yang tidak dijamin oleh asuransi, sehingga ketika mengajukan klaim pihak asuransi berhak untuk menolaknya.

Asuransi Mobil All Risk

Risiko yang Tidak Dijamin

Setelah Anda mengetahui pengertian dari asuransi untuk kendaraan bermotor penting bagi Anda untuk tahu risiko apa saja yang tidak dijamin oleh asuransi tersebut. Risiko tersebut akan membuat Anda lebih berhati-hati jangan sampai mengalami kerugian namun disebabkan oleh risiko yang tidak dijamin oleh asuransi. Berikut adalah beberapa risiko yang tidak akan dijamin oleh perusahaan asuransi:

  1. Kerugian akibat keluarga

Jika kendaraan bermotor yang dimiliki digelapkan oleh anggota keluarga sendiri baik itu suami atau istri, keluarga suami, keluarga istri, dan juga orang suruhan dari yang tertanggung dalam polis maka asuransi tersebut tidak akan bisa di klaim atau dicairkan.

  1. Balapan

Bagi Anda yang ikut asuransi dan hobi balapan kendaraan bermotor sebaiknya berhati-hati karena jika sampai terjadi kecelakaan perusahaan asuransi tidak mau mengabulkan klaim Anda. Hal itu dikarenakan kecelakaan dan kerusakan diakibatkan oleh Anda sendiri.

  1. Kendaran bermotor digunakan dalam kondisi rusak

Melindungi kendaraan bermotor bisa menggunakan asuransi, namun perawatannya harus sering di bawa ke bengkel. Jika Anda menjalankan kendaran bermotor dalam keadaan rusak dan tidak terawat besar kemungkinan asuransi untuk tidak mau mengabulkan klaim yang Anda lakukan.

  1. Tidak memiliki SIM

Yang tidak termasuk dalam pertanggungan asuransi adalah tidak memiliki SIM. Jangan membiarkan kendaraan bermotor yang dimiliki dikendarai oleh orang yang tidak memiliki SIM karena jika terjadi kerusakan atau kecelakaan pihak asuransi tidak mau menanggungnya. Sebagai contohnya kendaraan dikemudikan oleh saudara Anda yang belum memiliki SIM, kemudian saat dikemudikan ia mengalami kecelakaan dan mengakibatkan kendaraan rusak parah. Saat klaim, perusahaan asuransi tidak mau menanggungnya.

Demikian ulasan mengenai pengertian asuransi untuk kendaraan bermotor. So, Selain memahami pengertian asuransi untuk kendaraan bermotor dengan baik, penting bagi Anda untuk memahami risiko apa saja yang tidak ditanggung oleh asuransi supaya lebih berhati-hati.

Artikel Menarik Lainnya :

, ,

About Jagabot

Broker asuransi online di Indonesia yang memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia dalam memilih Asuransi.
View all posts by Jagabot →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *