Perhatikan 4 Hal ini Sebelum Konsumsi Suplemen Kesehatan

Disaat pandemi COVID-19 dimana masyarakat dihimbau untuk meningkatkan imunitas dan menjaga kesehatan, semakin banyak orang yang mengonsumsi suplemen kesehatan seperti suplemen makanan, zat besi, vitamin C, daya tahan tubuh, sampai penambah nafsu makan. Tidak cuma itu saja, tapi ada juga orang-orang yang percaya suplemen bisa jadi solusi instan untuk mengatasi sejumlah problem kesehatan.

Sejumlah suplement tentu bisa mengatasi kekurangan vitamin atau nutrisi tertentu, jelas Direktur Program Hidup Sehat dari Mayo Clinic, Donald Hensrud, MD, MPH. Tapi, suplemen kesehatan tidak ditujukan untuk setiap orang.

Baca juga:

Hal yang Perlu di Persiapkan untuk Vaksin saat Puasa

Suplemen sehat walaupun memiliki keuntungan yang banyak, risikonya juga banyak karena tidak semua orang cocok dengan suplemen kesehatan yang mereka konsumsi. Untuk itu, setiap orang tidak boleh sembarangan mengonsumsi suplemen kesehatan tanpa petunjuk dari dokter.

“Beberapa suplemen terkadang justru menimbulkan efek negatif berbahaya jika dikombinasi dengan obat, suplemen, atau orang dengan kondisi kesehatan tertentu,” jelas Dr. Hensrud, seperti dilansir dari Self.

Sebelum minum suplemen kesehatan, setiap orang wajib mempertimbangkan beberapa hal berikut:

Baca juga:

Hal yang Perlu di Perhatikan Sebelum Tes GeNose di Bandara
  • Utamakan sumber alami

    Mengonsumsi suplemen kesehatan itu sebenernya tidak terlalu perlu dan hanya bikin Anda mengeluarkan banyak uang. SUpaya tubuh sehat yang perlu diingat adalah untuk makan makanan yang bergizi, mengikuti 4 sehat 5 sempurna, dan rajin berolah-raga. Jangan lupa juga untuk berjemur untuk mendapatkan vitamin D yang cukup.

    Biasanya suplemen direkomendasikan dokter jika memang diperlukan atau ada masalah kesehatan.
  • Perhatikan faktor keamanannya

    Saat ini banyak produk yang menggunakan embel-embel bahan alami, diiklankan pesohor, rekomendasi dokter, dan lain-lain. Disarankan konsumen untuk tidak terlalu percaya gituan karena bisa dipalsukan. Lebih baik lakukan penelitian yang banyak. Bisa melalui internet, buku, dan lebih baik juga tanya ke dokter masing-masing.

    Secara umum, produk suplemen yang sudah terdaftar di otoritas kesehatan biasanya memang telah lolos uji kualitas produk. Namun, perlu diperhatikan efek samping terkadang bisa muncul untuk orang dengan masalah kesehatan tertentu.

Baca juga:

Kebiasaan yang Bisa Menyebabkan Penyakit Tipes
  • Pentingnya konsultasi ke dokter

    Selalu konsultasikan ke dokter atau tenaga medis profesional yang sudah tahu dengan riwayat kesehatan dan penyakit Anda agar mereka bisa kasih rekomendasi suplemen yang bisa Anda konsumsi dan efek samping yang mungkin timbul.
  • Ketahui kebutuhan nutrisi untuk tubuh

    Vitamin dan mineral memang bagus dan sehat untuk tubuh jika di konsumsi tanpa berlebihan. Terkadang orang yang sembarangan minum suplemen kesehatan tanpa memperhatikan batas aman dosis sesuai kebutuhan tubuhnya.
promo asuransi tipus & dbd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *