Posisi Tidur Tengkurap Buruk untuk Kesehatan?

Masing-masing orang memilki posisi tidur yang berbeda-beda. Ada yang suka tidur telentang, tengkurap, atau posisi miring.

Walaupung terasa nyaman, tapi ternyata tidak semua posisi tidur itu baik untuk kesehatan kita. Posisi tertentu dapat membuat lebih sulit bernapas, membebani punggung, leher, atau bahu, hingga menyebabkan sakit keesokan harinya.

Menurut Nishi Bhopal, MD, seorang psikiater yang mengkhususkan diri dalam pengobatan tidur, posisi tidur tengkurap atau istilah ‘tidur perut’ dianggap sebagai posisi tidur yang paling buruk. “Ini membuat banyak ketegangan pada punggung dan leher dan dapat menyebabkan sakit punggung bagian bawah,” katanya, dilansir Mind Body Green, Senin (9/11).

Baca juga:

Tingkatkan Imunitas dengan Tips Berikut Secara Teratur

Jika sangat suka tidur tengkurap, Bhopal menyarankan untuk menggunakan bantal datar atau tanpa bantal sama sekali untuk mengurangi tekanan pada punggung. Tapi idealnya, mungkin bisa mencoba tidur samping atau belakang.

Tidur tengkurap juga berpotensi membuat sulit bernapas. Dokter tidur naturopati Catherine Darley, ND, mengatakan, jika pernah tidur dengan hidung tersumbat, misalnya, maka bernapas melalui mulut di malam hari kemungkinan tidak akan membuat tubuh merasa baik keesokan harinya.

Untuk posisi tidur yang paling baik adalah telentang untuk kesejajaran tulang belakang, meskipun dapat menyebabkan masalah bagi orang yang mendengkur, sleep apnea, atau bahkan refluks asam. Tapi jika tak masalah, pastikan memiliki bantal yang menopang kepala dan leher.

asuransi kecelakaan diri terbaik - blog jagain.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *