PSBB Terbukti Untuk Memperlambat Penyebaran Virus Corona

Blog Jagain – Seperti dikabarkan dari Jakarta Globe, (2/5) pasca digunakannya PSBB terjadi penurunan penyebaran virus corona di Indonesia sebesar 8 persen. Meskipun Indonesia masih menempati sebagai negara tertinggi kedua penyebaran corona di wilayah Asia Tenggara.

Berdasarkan data live corona dari worldmeters.informasi, per tanggal 4 Mei 2020 11.52 AM, kasus corona di Indonesia menempuh 11.192, dengan sempurna kematian 845 dan yang sembuh 1.876 orang. Kabar selengkapnya mengenai penyebaran virus corona di Indonesia dan PSBB dapat dibaca di bawah ini!

PSBB Memperlambat Penyebaran Corona?

Pemerintah sudah memegang perjalanan antar kota untuk membendung penyebaran virus corona. Pengontrolan ini termasuk pemberlakukan pengaturan penerbangan nasional sampai 1 Juni 2020. Meskipun seperti itu, masih ada saja orang yang melanggar pengaturan skala besar ini dengan melaksanakan perjalanan antar kota membisu-membisu.

Kecuali pengaturan bepergian antar kota, pemerintah dan dinas perhubungan juga mengaplikasikan pengaturan penumpang, bagus di transportasi biasa ataupun kendaraan pribadi. Dikabarkan dari katadata.co.id, (28/4), berdasarkan epidemiolog dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, dr. Pandu Riono, ada kemungkinan kasus corona di Jakarta mengalami penurunan jelang Lebaran.

Walaupun seperti itu, ada kemungkinan akan timbul episentrum baru penyebaran corona dari kota lain. Ini dapat menjadi sesuatu yang dikhawatirkan. Berdasarkan data kesehatan yang dihimpun Kementerian Kesehatan (terakhir diperbaharui 3 Mei 2020 pukul 16.00 WIB), Jawa Timur dan Jawa Barat yaitu dua wilayah dengan angka positif COVID-19 tertinggi sesudah Jakarta.

Jakarta ada 4.463 kasus, Jawa Timur 1.117 kasus, dan Jawa Barat 1.054 kasus. Padahal Nusa Tenggara Timur mempunyai kasus terendah di Indonesia adalah 10 kasus dan hingga kini belum ada korban jiwa.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Johns Hopkins University, per 3 Mei 2020 pukul 21.00 WIB, telah ada 3.411.300 kasus Corona di dunia dengan 244.242 orang yang meninggal dan yang sukses sembuh menempuh 1.050.389.

Seberapa Sasaran PSBB?

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) semenjak Maret 2020 lalu telah memberi saran untuk melaksanakan pengaturan sosial berskala besar untuk mencegah penyebaran corona. Diceritakan apabila pertemuan massal dan perpindahan dari satu tempat ke tempat lainnya bisa mempercepat penyebaran corona.

Untuk itu, CDC memberi saran untuk konsisten di rumah saja. Dan selama di rumah saja tetaplah untuk mempraktikkan hidup bersih. Berikut ini saran rekomendasi dari organisasi kesehatan hal yang demikian berkaitan pengaplikasian pengaturan sosial berskala besar agar konsisten tepat sasaran:

  1. Tetap #dirumahaja ketika sakit, selain kau memerlukan perawatan medis.
  2. Tutupi batuk dan bersin dengan tisu, lalu membuang tisu ke daerah sampah.
  3. Kali-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik, terpenting sesudah pergi ke kamar mandi, sebelum makan, dan sesudah meniup hidung, batuk, atau bersin. Jikalau sabun dan air tak tersedia, pakai pembersih tangan yang mengandung setidaknya 60 persen alkohol.
  4. Hindari meraba mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang tak dicuci.
  5. Bersihkan permukaan dan benda yang kerap diraba tiap-tiap hari.
  6. Hindari berjabat tangan dan batasi meraba balita, apalagi apabila balita diraba oleh orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *