Rawat Sepeda Gunung dengan Benar dengan Cara Berikut

Selama pandemi, banyak yang meminati sepeda, apalagi sepeda lipat. Tapi banyak juga orang yang menyukai sepeda gunung atau mountain bike (MTB) karena fitur-fitur unggulan yang dimilikinya. Memiliki sepeda artinya harus siap untuk merawatnya juga agar tetap berfungsi dengan baik sehingga bisa dipakai seterusnya.

Salah satu cara merawat sepeda adalah dengan menjaga kebersihannya dengan rajin mencuci sepeda. Berikut 9 cara mencuci sepeda MTB kamu yang benar:

  1. Lepas semua aksesoris

    Lepas aksesoris yang berada di handle bar (stang), seperti; bel, lampu, spidometer, dan seterusnya. Jika menggunakan V brakes, lepas kabel penghubungnya dengan menekan kedua sisi calipers.
  1. Balik sepeda sehingga kedua roda di atas

    Cara membalik sepeda yang benar adalah dengan berdiri di samping sepeda lalu pegang bagian suspensi depan (down tube) dan satu tangan memegang seat post (dudukan sadel). Selanjutnya, putar sepeda secara perlahan hingga sepeda terbalik. Siapkan alas untuk menghindari lecet pada sadel dan grips.

Baca juga:

Bikin Sepeda Lama Terasa Baru dengan Cara Berikut
  1. Melepas roda depan dan belakang

    Lepas pengencang as roda belakang, tarik ke belakang sistem pemindah gigi (RD) rear derailleur secukupnya sehingga roda belakang bisa ditarik ke atas dan terlepas. Bagi yang tidak menggunakan klip, bisa melepas roda dengan menggunakan kunci yang cocok dengan baut pengunci.
  1. Membersihkan sistem penggerak (rantai, gir, pedal, rear derailleur)

    Siapkan sikat dan air bersabun. Mulailah menyikat RD dengan sikat yang telah dibasahi air sabun. Bersihkan juga rantai sepeda dengan menggunakan lap kain yang lembut dan basahi dengan air sabun lalu putar rantai dengan memutar pedal ke depan.

    Membersihkan crank (gir depan, lengan pedal dan pedal) dengan sikat yang sudah dibasahi air sabun, sikat secara merata dan teliti sehingga semua bagian penggerak depan terkena air sabun dan kotoran terlepas, kemudian lap dengan lap bersih. Membersihkan pedal dan bagian sisi dalam gir dengan sikat dibasahi air sabun, lanjutkan dengan mengeringkan menggunakan lap bersih.
  1. Membersihkan bagian bawah frame

    Gunakan lap kain dan air sabun. Lap secara merata ke seluruh bagian framehandle bar (stang depan), bagian top tube (frame atas), dan seatways (frame belakang). Jangan lupa membersihkan kabel pemindah gigi dan penarik rem
  1. Membersihkan sistem roda

    Gunakan lap kain dan air sabun untuk membersihkan roda depan dan belakang. Untuk kotoran di sela-sela yang susakh keluar bisa dibantu dengan cairan pembersih seperti WD-40. Bersihkan kotoran pada as roda, hub, dan keseluruhan roda termasuk jari-jari roda. Sikat dengan teliti di semua bagian cakram jika menggunakan cakram pada roda.

Baca juga:

Bagaimana Cara Melewati Tanjakan dengan Sepeda Gunung?
  1. Mengecek sistem roda

    Pasang kembali roda depan dan belakang, pastikan klip pengencang roda terpasang dengan baik dan dapat mengunci roda dengan sempurna. Tips untuk memasang kembali roda belakang, masukkan gir belakang di antara mata rantai dan tekan ke bawah sehingga dapat masuk ke dudukan roda belakang dengan sempurna. Cek putaran roda baik depan maupun belakang, amati dengan seksama apakah goyang atau tidak. Jika goyang, kemungkinan besar jari-jari roda perlu di-stel ulang.
  1. Cek sistem pengereman (V brake dan disc brake)

    Mengecek sistem rem roda belakang dengan berdiri di depan sepeda dan menekan rem belakang. Jika roda depan terangkat di antara sela kaki, kemungkinan rem belakang masih berfungsi dengan baik. Jika tidak, segera cek dan ganti kampas rem dengan yang baru.
  1. Pelumas

    Karena pelumas sangat penting untuk sepeda MTB, usahakan untuk menggunakan pelumas yang bagus dan jangan menggunakan oli bekas. Gunakan pelumas khusus untuk rantai, banyak beredar di pasaran yaitu pelumas untuk rantai kendaraan roda 2 bermotor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *